PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BUGIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BUNGORO KABUPATEN PANGKEP

ARIDAYANA, ARIDAYANA (2018) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BUGIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BUNGORO KABUPATEN PANGKEP. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aridayana, 2018. “Pembelajaran Menulis Puisi Bugis dengan Menggunakan Metode Karyawisata Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bongoro Kabupaten Pangkep.” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Satra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Agussalim Aj dan Nensilianti). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran menuis puisi Bugis dengan menggunakan metode karyawisata pada siswa kelas VIII.D SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran muatan lokal (bahasa daerah) dan siswa kelas VIII.D yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan tes menulis puisi Bugis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I siswa mencapai nilai rata-rata 61,88 pada tindakan 1, kemudian pada tindakan 2 mencapai nilai rata-rata 72,86. Nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75 Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil pembelajaran pada siklus I belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. Maka dari itu pembelajaran menulis puisi Bugis dengan menggunkan metode karyawisata dilanjutkan ke siklus II. Proses pembelajaran siklus II, siswa lebih aktif melaksanaan pembelajaran menulis puisi Bugis setelah dilakukan perbaikan terhadap kendala-kendala yang dialamai pada siklus I. Hal tersebut berpengaruh pada aktivitas siswa dalam pembelajaran yang terlihat lebih antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran. Hasil pembelajaran pada siklus II mencapi nilai rata-rata 82,29 pada tindakan 1, kemudian pada tindakan 2 mencapai nilai rata-rata 84,76 yang berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Puisi Bugis, Metode Karyawisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 04:57
Last Modified: 30 Jan 2019 04:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11955

Actions (login required)

View Item View Item