PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL ANAK USIA DINI

Salama, Nurdin (2019) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL ANAK USIA DINI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
artikel tesis.docx

Download (52kB)

Abstract

Pengembangan keterampilan sosial berbasis permainan tradisional anak usia dini merupakan salah media yang dapat mengembangkan keteampilan sosial anak. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan perkembangan keterampilan sosial berbasis permainan tradisional pada Taman Kanak-kanak Nuruttaqwa Makassar, (2) Untuk mengetahui desain pembelajaran permainan tradisional dalam mengembangkan keterampilan sosial pada Taman Kanak-Kanak Nuruttaqwa Makassar, (3) Untuk mengetahui pengembangan keterampilan sosial berbasis permainan tradisional anak usia dini pada Taman Kanak-Kanak Nuruttaqwa Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah (research and development (ADDIE). Subjek penelitian ini 15 orang berusia 5-6 tahun dan satu guru. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ( 1) Tingkat kebutuhan pengembangan keterampilan sosial berbasis permainan tradisional dibutuhkan dalam mengembangkan keterampilan sosial anak dan mempermuda guru dalam memberikan arahan kepada siswa dalam permainan tradisional, (2) Desain pengembangan keterampilan sosial berbasis permainan tradisional terbagi atas pengembangan perangkat pembelajaran dan buku pedoman, (3) tigkat pengembangan keterampilan sosial anak menunjukkan presentase 78 % anak yang mencapai tingkat perkembangan keterampilan sosial dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Permainan Tradisional, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:40
Last Modified: 29 Jan 2019 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11876

Actions (login required)

View Item View Item