KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAJENE The Effectiveness of Audio Visual Media in Drama Learning of Grade XI Students SMAN 1 Majene

Ernawati, Ernawati (2018) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAJENE The Effectiveness of Audio Visual Media in Drama Learning of Grade XI Students SMAN 1 Majene. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ERNAWATI (artikel).docx

Download (41kB)

Abstract

email : ernawatisail@gmail.com Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi alur, babak, konflik, penokohan, dan amanat drama Peputiq Cina oleh Adel Tambono menggunakan media audio, (2) mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi alur, babak, konflik, penokohan, dan amanat drama Peputiq Cina drama Peputiq Cina menggunakan media audio visual, dan (3) membuktikan keefektifan media audio visual dalam pembelajaran drama Peputiq Cina siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Pretest-Postest Comparation Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene, berjumlah sebanyak 234 orang siswa yang terdiri atas 91 siswa dan 143 siswi. Sampel terbagi dua kelompok, yaitu kelas kontrol dan eksperimen masing-masing berjumlah 33 orang. Penarikan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes. Penelitian ini membandingkan hasil perlakuan pada kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelompok kontrol yang menggunakan media audio dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan dalam mengidentifikasi alur, babak, konflik, penokohan, dan amanat drama Peputiq Cina dengan menggunakan media audio pada kelompok kontrol memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu nilai rata-rata mencapai 76.55, (2) kemampuan dalam mengidentifikasi alur, babak, konflik, penokohan, dan amanat drama Peputiq Cina dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu nilai rata-rata mencapai 88.55, dan (3) media audio visual efektif diterapkan dalam pembelajaran drama siswa kelas XI SMAN 1 Majene. Hal ini dibuktikan pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis statistika inferensial Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 18 for windows jenis uji-t independent sample test diperoleh nilai t hitung sebesar 6,053 dan > t-tabel (t_((df=64,0.05) )) sebesar 2,000 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Kata Kunci : Keefektifan, Media Audio Visual, Pembelajaran Drama. KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAJENE The Effectiveness of Audio Visual Media in Drama Learning of Grade XI Students SMAN 1 Majene Ernawati email : ernawatisail@gmail.com Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi alur, babak, konflik, penokohan, dan amanat drama Peputiq Cina oleh Adel Tambono menggunakan media audio, (2) mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi alur, babak, konflik, penokohan, dan amanat drama Peputiq Cina drama Peputiq Cina menggunakan media audio visual, dan (3) membuktikan keefektifan media audio visual dalam pembelajaran drama Peputiq Cina siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Pretest-Postest Comparation Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene, berjumlah sebanyak 234 orang siswa yang terdiri atas 91 siswa dan 143 siswi. Sampel terbagi dua kelompok, yaitu kelas kontrol dan eksperimen masing-masing berjumlah 33 orang. Penarikan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes. Penelitian ini membandingkan hasil perlakuan pada kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelompok kontrol yang menggunakan media audio dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan dalam mengidentifikasi alur, babak, konflik, penokohan, dan amanat drama Peputiq Cina dengan menggunakan media audio pada kelompok kontrol memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu nilai rata-rata mencapai 76.55, (2) kemampuan dalam mengidentifikasi alur, babak, konflik, penokohan, dan amanat drama Peputiq Cina dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu nilai rata-rata mencapai 88.55, dan (3) media audio visual efektif diterapkan dalam pembelajaran drama siswa kelas XI SMAN 1 Majene. Hal ini dibuktikan pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis statistika inferensial Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 18 for windows jenis uji-t independent sample test diperoleh nilai t hitung sebesar 6,053 dan > t-tabel (t_((df=64,0.05) )) sebesar 2,000 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Kata Kunci : Keefektifan, Media Audio Visual, Pembelajaran Drama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:26
Last Modified: 29 Jan 2019 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11873

Actions (login required)

View Item View Item