Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe CPS Untuk Meningkatkan Minat dan Penguasaan Konsep Fisika Di SMA Negeri 9 Bulukumba

HASMIRAH, SITTI (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe CPS Untuk Meningkatkan Minat dan Penguasaan Konsep Fisika Di SMA Negeri 9 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SITTI HASMIRAH.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK SITTI HASMIRAH. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe CPS Untuk Meningkatkan Minat dan Penguasaan Konsep Fisika Di SMA Negeri 9 Bulukumba (dibimbing oleh Dr.Muhammad Tawil, M.S.,M.Pd dan Prof.Dr.H.Muris, M.Si). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Ajar Peserta Didik (BAPD), dan (3) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model four D models (Model 4-D) dari Thiagarajan yang terdiri dari tahapan yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (desiminate). Proses pengembangan terlaksana tiga tahapan saja karena keterbatasan waktu yaitu (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop) Penelitian ini menggunakan desain pra eksprimen untuk mengetahui seberapa besar penguasaan konsep fisika peserta didik dalam pokok bahasan momentum dan impuls setelah diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah tipe cps. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Bulukumba kelas XI IA1 tahunpelajaran 2013/2014 semester genap sebanyak 32 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, minat belajar dan mendeskripsikan penguasaan konsep fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) buku Ajar peserta didik, dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) setelah dilakukan validasi dan uji coba maka perangkat tersebut dinyatakan valid, sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Demikian juga dengan minat belajar peserta didik setelah diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah tipe cps mengalami peningkatan dan termasuk dalam kategori berminat. Sedangkan hasil penguasaan konsep fisika peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dimana sebelum diterapkan pembelajaran berbasis masalah tipe CPS penguasaan konsepnya belum mencapai ketuntasan klasikal. Dengan demikian, penggunaan perangkat pembelajaran berbasis masalah tipe CPS dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka disarankan kepada guru fisika untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tipe CPS dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah tipe CPS , minat, dan penguasaan konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:59
Last Modified: 26 Oct 2016 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1186

Actions (login required)

View Item View Item