Peran Wali Kelas dalam Memotivasi Belajar Siswa urusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMKN 5 Soppeng

Lestari, Dwi Asih Nur and Akib, Haedar and Nasrullah, M. (2018) Peran Wali Kelas dalam Memotivasi Belajar Siswa urusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMKN 5 Soppeng. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 2 orang wali kelas, 1 orang guru bidang studi, 2 orang selaku orang tua murid, dan 6 orang dari kalangan siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa wali kelas jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMKN 5 Soppeng sudah melaksanakan perannya dalam memotivasi siswa dengan baik namun belum maksimal. Hal ini dilihat dari ke empat deskripsi fokus yaitu peran wali kelas sebagai : 1).Sebagai pimpinan menengah (middle manager), berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas sudah menjalankan perannya dengan baik dilihat dari wali kelas yang sudah menjadi pimpinan yang baik dan menjadi teladan bagi siswa serta wali kelas ikut berpartisipasi dalam pengelolaan kelas; 2). Sebagai mitra siswa, hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas sudah melakukan perannya dengan baik dibuktikan dengan keakraban antara siswa dan wali kelas, wali kelas yang menjadi konselor bagi siswa, serta wali kelas turut memberikan saran atau solusi terhadap masalah yang dialami siswa, membantu mengembangkan keterampilan dan kecerdasan siswa serta pemberian reward dan punishment kepada siswa untuk mendorong motivasi belajar siswa; 3). Sebagai mitra orang tua Murid, berdasarkan hasil penelitian wali kelas menjalankan perannya dengan kurang maksimal, karena kurangnya komunikasi yang terjadi antara wali kelas dengan orang tua murid; 4). Sebagai mitra guru bidang studi, peran wali kelas dalam hal ini juga kurang maksimal karena kurangnya kerja sama antara wali kelas dengan guru bidang studi dalam pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci : Peran Wali Kelas, Motivasi Belajar, SMKN 5 Soppeng

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Jan 2019 06:18
Last Modified: 23 Jan 2019 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11779

Actions (login required)

View Item View Item