Pengaruh Penerapan Pemrograman Pikiran Bawah Sadar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.

Hijrah, Muh. (2014) Pengaruh Penerapan Pemrograman Pikiran Bawah Sadar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muh. Hijrah.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Muh. Hijrah, 2014. Pengaruh Penerapan Pemrograman Pikiran Bawah Sadar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sabri, S.Pd., M.Sc. dan Ja’faruddin, S.Pd., M.Pd.) Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengamati pengaruh pemrograman pikiran bawah sadar terhadap hasil belajar matematika siswa khususnya pada motivasi belajar matematika siswa dan pengetahuan matematika siswa. Unit eksperimen pada penelitian ini dipilih secara random sebanyak dua kelas dari dua sekolah pada tahun ajaran 2013/2014 yaitu siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pomalaa sebagai kelompok perlakuan dan kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah Dawi-dawi sebagai kelompok pembanding. Data yang dikumpulkan adalah data motivasi belajar matematika siswa, pengetahuan matematika siswa, dan data keterlaksanaan pembelajaran untuk mendukung kesimpulan dari hasil penelitian. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Dari hasil analisis statistika deskriptif diperoleh: (1) Motivasi belajar matematika siswa kelompok perlakuan berada pada kategori tinggi dengan persentasi 86,7%. (2) Motivasi belajar matematika kelompok pembanding berada pada kategori tinggi dengan persentasi 68,8%. (3) Deskripsi pengetahuan matematika siswa kelompok perlakuan, rerata 83,6, median 80,0, keragaman 154,31 sedangkan pada kelompok pembanding, rerata 77,0, median 75,0, dan keragaman 177,4. Hasil dari analisis statistika inferensial adalah sebagai berikut: (4) Motivasi belajar matematika siswa kelompok perlakuan berbeda secara signifikan dengan kolompok pembanding yang diperoleh dari nilai p-value < α (0,003 < 0,025). (5) Pengetahuan matematika siswa kelompok perlakuan berbeda secara signifikan dengan kelompok pembanding yang diperoleh dari nilai p-value < α (0,024 < 0,025). (5) Motivasi belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan matematika siswa dengan persamaan regresi linier y ̂_1=14,096+0,890x_1. (6) Motivasi belajar matematika siswa pada kelompok pembanding berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan matematika siswa dengan persamaan regresi linier y ̂_2=23,343+0,767x_2. Kata kunci: Hasil belajar, penelitian eksperimen semu, pemrograman pikiran bawah sadar. ABSTRACT Muh. Hijrah, 2014. The Influence of The Implementation of Unconscious Mind Program to Students’ Mathematics Learning Achievement. Thesis. Mathematics Education Study Program, Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Science, Makassar State University (supervised by Sabri, S.Pd., M.Sc. and Ja’faruddin, S.Pd., M.Pd.) This study is categorized as quasi-experimental research that aims to determine whether the implementation of the unconscious mind program influence the students’ mathematics learning especially for students’ mathematics learning motivation and students’ mathematics knowledge. Two classes of experimental unit were randomly chosen from two schools in the academic year 2013/2014. They are students of XI IPA 3 class of SMAN 1 Pomalaa as the experiment class and XI IPA 1 of SMA Muhammadiyah Dawi-dawi as a control class. The data collected are the data of students’ mathematics learning motivation, students’ mathematics knowledge, and the data of learning feasibility to supports the conclusions of the research. The data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The results of descriptive statistics analysis obtained: (1) Students’ mathematics learning motivation of experiment class are in the high category with 86,7%. (2) Students’ mathematics learning motivation of control class are in the high category with 68,8%. (3) Description of students’ mathematics knowledge, mean 83,6, median 80,0, variance 154,31 while the control class, mean 77,0, median 75,0, and variance 177,4. The results of inferential statistics analysis are as follows: (3) Students’ mathematics learning motivation of experiment class are significantly different from the control class that is obtained from p-value < α (0,003 < 0,025). (4) Students’ mathematics knowledge of experiment class are significantly different from the control class tahi is obtained from p-value < α (0,024 < 0,025). (5) Students’ mathematics learning motivation of experiment class significantly influence the students’ mathematics knowledge with the linear regression equation y ̂_1=14,096+0,890x_1. (6) Students’ mathematics learning motivation of control class significantly influence the students’ mathematics knowledge with the linear regression equation y ̂_2=23,343+0,767x_2. Keywords: Learning achievement, quasi-experimental research, unconscious mind program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions:
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:11
Last Modified: 26 Oct 2016 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item