Analisis Perbedaan Antara Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell Dengan Model Pengajaran Langsung Pada Kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba

YUSUF, MEGAWATI (2013) Analisis Perbedaan Antara Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell Dengan Model Pengajaran Langsung Pada Kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MEGAWATI YUSUF..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK MEGAWATI YUSUF. 2015. Analisis Perbedaan Antara Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell Dengan Model Pengajaran Langsung Pada Kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba (dibimbing oleh Dr. Hisyam Ihsan, M.Si dan Dr. Alimuddin, M.Si). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell dengan model pengajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 15 Bulukumba. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester genap tahun ajar 2014/2015. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Kelas VIIIA sebagai kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pengajaran langsung dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan angket respons siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan respons siswa, sedangkan analisis inferensial digunakan untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori sangat tinggi, (2) Hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 bulukumba sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell menunjukkan 100% siswa tidak mencapai ketuntasan individu. Setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell, hasil belajar siswa menunjukkan 100% siswa mencapai ketuntasan individu, artinya ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai. Selain itu, rata-rata gain ternormalisasi siswa sebesar 0,83 yang berada pada kategori tinggi, (3) Hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 15 bulukumba sebelum menggunakan model pengajaran langsung menunjukkan 100% siswa tidak mencapai ketuntasan individu. Setelah menggunakan model pengajaran langsung, hasil belajar siswa menunjukkan 71,42% siswa mencapai ketuntasan individu, artinya ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai. Selain itu, rata-rata gain ternormalisasi siswa sebesar 0,71 yang berada pada kategori tinggi, (4) Terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pengajaran langsung. (5) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari ranah kognitif soal, dan (6)Terdapat perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari masalah jenis bangun ruang. Kata Kunci: Analisis, Perbedaan, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif tipe the learning cell, Model Pengajaran Langsung   ABSTRACT MEGAWATI YUSUF. 2015. Analysis of The Difference Between Learning Achievement of Students Taught Using The Learning Cell Type Of Cooperative Learning Model and Those Taught Using The Direct Instruction Model Of Grade VIII of SMP Negeri 15 Bulukumba (Supervising by Dr. Hisyam Ihsan, M.Si and Dr. Alimuddin, M.Si). This research is experimental research which aim to find out the differences between the student’s mathematic learning achievement which tought by using te learning cell and the direct instrcution model. This research was conducted in SMP Negeri 15 Bulukumba. The population of this research is class VIII even semester period 2014/2015. The sample of this research consist of two classes which choosen by using random sampling. Class VIIIA as the control class which taught using direct instruction model and class VIIIB as the experimental class which taught using the learning cell type of cooperative learning model. Collection of the data using student’s learning achievement test, observation sheet, and the student’s response quetionnaire. The collected data was analyzed descriptively to describe the learning accomplishment, student’s activity, and student’s response, while the inferential analysis used to normality testing, homogenity testing and hypothesis testing. The result of the research shows : (1) the learning accomplishment in experimental class and control is at very high category, (2) the students’ learning achievement of class VIIIB student of SMP Negeri 15 Bulukumba before using the learning cell type of cooperative learning model shows 100% students did not reach the completeness. After using the learning cell type of cooperative learning model, the student’s learning achievement shows 100% student’s reached the completeness. Beside that, the average of the student’s normalized gain 0.83 which is at very high category, (3) the student’s learning achievement of class VIIIA students of SMP Negeri 15 Bulukumba before using the direct instruction model shows 100% did not reach the individual completeness. After using the learning cell type of cooperative learning model, the students’ learning achievement shows 71.42% students reach the individual completeness, which means the completeness of learning achievement classically is complete. Beside that, the average of normalized gain 0.71 which is at high category, (4) There is the difference between learning achievement of students taught using the learning cell type of cooperative learning model and those taught using the direct instruction model, (5) there is the different of the mathematics learning achievement in terms of the cognitive problems, and (6) there is the difference of the mathematics learning achievement in terms of solid figure problems. Key Word : analysis, difference, mathematics learning achievement, the learning cell type of cooperative learning model, direct instruction model.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:11
Last Modified: 26 Oct 2016 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item