KONTRIBUSI DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MURID SD NEGERI PARANG TAMBUNG I MAKASSAR

ASWINDI, ARSYAL (2018) KONTRIBUSI DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MURID SD NEGERI PARANG TAMBUNG I MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL29.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi daya ledak tungkai dan keseimbangan terhadap kemampuan lompat jauh pada murid SD Negeri Parang Tambung I Makassar . Penelitian ini dilakukan pada populasi seluruh murid SD Negeri Parang Tambung I Makassar, menggunakan sampel sebanyak 40 Murid, yang diperoleh secara random dengan teknik “Simple Random Sampling”. Pengumpulan data daya ledak tungkai menggunakan instrumen Tes daya ledak tungkai (Standing broad jump tes), tes keseimbangan dinamis menggunakan (Dynamic Balance Test), dan tes kemampuan lompat jauh. Adapun dianalisis data menggunakan teknik analisis koefisien regresi tunggal dan regresi ganda. Dan dari hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Ada kontribusi yang signifikan daya ledak tungkai terhadap kemampuan lompat jauh murid SD Negeri Parang Tambung I Makassar (β=0.810) sebesar = 65,60% (p=0,000 < α 0,05). 2) Ada kontribusi yang signifikan keseimbangan dinamis terhadap kemampuan lompat jauh murid SD Negeri Parang Tambung I Makassar, (β=0.646) sebesar = 41,70 % (p=0,000 < α 0,05). 3) Ada kontribusi yang signifikan antara daya ledak tungkai dan keseimbangan terhadap kemampuan lompat jauh murid SD Negeri Parang Tambung I Makassar sebesar = 67,20%, F = 55,650 (p=0,000 < α 0,05) . Adapun persamaan regresi Y = - 0.375 + 1.930 X1 + 0.07 X2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Dec 2018 05:54
Last Modified: 18 Jun 2019 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11695

Actions (login required)

View Item View Item