MARWATI, MARWATI (2018) PERAN GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA ISLAM AL-AZHAR 12 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
JURNAL MARWATI 1463040010.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL MARWATI 1463040010.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran guru dalam menerapkan pendidikan karakter di SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar, 2) Faktor menghambat penerapan pendidikan karakter di SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu guru yang mengajar di SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar dengan masa kerja minimal 2 tahun dan guru wali kelas dengan jumlah informan sebanyak 8 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam menerapkan pendidikan karakter di SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar yaitu a) Guru sebagai edukator, b) Guru sebagai Motivator, c) Guru sebagai teladan, d) Guru sebagai evaluator. 2) Adapun faktor yang menghambat peran guru dalam menerapkan pendidikan karakter yaitu faktor keluarga dan faktor teman sebaya . Kata kunci: Peran Guru, Pendidikan Karakter, Nilai karakter
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 18 Dec 2018 05:23 |
Last Modified: | 18 Dec 2018 05:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11650 |
Actions (login required)
View Item |