Evaluasi Program Pembelajaran Seni Budaya SMP Kabupaten Bantaeng

Darwis, Darwis (2018) Evaluasi Program Pembelajaran Seni Budaya SMP Kabupaten Bantaeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Evaluasi Program Pembelajaran Seni Budaya SMP Kabupaten Bantaeng.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menilai keberhasilan pembelajaran seni budaya di sekolah. Penelitian ini menggunakan model evaluasi Countanance Stake. Dalam mengevaluasi kita membandingkan program yang dievaluasi berdasarkan standar yang ditetapkan. Dengan dua konsep yaitu contigency dan congruence. Sasaran evaluasi pembelajaran seni budaya dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran, implementasi pembelajaran, dan hasil belajar. Kemudian data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Program Pembelajaran Seni Budaya di SMP Kabupaten Bantaeng dari aspek perencanaan pembelajaran belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. (ii) Program Pembelajaran Seni Budaya dari aspek pelaksanaan pembelajaran ditemukan sebagian belum sesuai antara pengelolaan kelas dan pelaksanaan pembelajaran yang ada di sekolah dengan standar proses pelaksanaan pembelajaran. (iii) Program Pembelajaran Seni Budaya dari aspek hasil pembelajaran yakni hasil belajar peserta didik sebagian belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). (iv) Terdapat contingency antara perencanaan, pelaksanaan dengan hasil belajar Seni Budaya. Berdasarkan analisis congruences dan contingency, direkomendasikan bahwa program pembelajaran Seni Budaya di SMP Kabupaten Bantaeng dilanjutkan dengan beberapa catatan. Kata Kunci: Evaluasi Program, Countenance Stake, Pembelajaran Seni Budaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2018 04:47
Last Modified: 13 Dec 2018 04:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11617

Actions (login required)

View Item View Item