Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Siswa dalam Materi Segiempat melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terintegrasi Teori Dienes dengan Pendekatan Saintifik pada Kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa.

DEWI, LAKKIRAN (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Siswa dalam Materi Segiempat melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terintegrasi Teori Dienes dengan Pendekatan Saintifik pada Kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
DEWI LAKKIRAN..docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK DEWI LAKKIRAN. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Siswa dalam Materi Segiempat melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terintegrasi Teori Dienes dengan Pendekatan Saintifik pada Kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa. (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Arif Tiro) Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran matematika siswa dalam materi segiempat melalui model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terintegrasi Teori Dienes dengan pendekatan saintifik pada kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa, untuk mengetahui apakah melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) terintegrasi Teori Dienes dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam materi segiempat siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action) yang mengacu pada aktivitas aksi refleksi siklus-spiral. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika. Prosedur penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru yang lebih produktif dan aktivitas siswa yang lebih aktif dalam proses pembelajaran matematika, dan terjadi peningkatan jumlah ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa dalam materi segiempat dapat ditingkatkan melalui model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terintegrasi Teori Dienes dengan Pendekatan Saintifik. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe TGT, Teori Dienes, Pendekatan Saintifik, dan Kualitas Pembelajaran Matematika ABSTRACT DEWI LAKKIRAN. 2015. Improvement Of Mathematics Learning Quality Of Students On Rectangular Learning Material Through Cooperative Model Of Team Games Toernament Type Intergrated To Dienes’ Theory With Scientific Approach In Class VII-A At SMPN 1 Tawalian In Mamasa District (supervised by Abdul Rahman and Arif Tiro). The study aimed at examining the process of mathematics learning of students on rectangular learning material through cooperative model of Team Game Tournament (TGT) type integrated to Dienes’ Theory with scientific approach in class VII-A SMPN 1 Tawalian in Mamasa district, discovering whether the cooperative model of TGT type integrated to Dienes’ Theory with scientific appoach can improve the quality of Mathematics learning on rectangular lesson material in class VII-A SMPN 1 Tawalian in Mamasa district. This study was a classroom action research which referred to the action reflection spiral cycle activities. the subjects of the study were students of class VII-A at SMPN 1 Tawalian in Mamasa district. Data of the study were obtained by employing test result instrument of students’ Mathematics learning, observation sheet of students and teachers’ activities in learning process, an questionnaire of students’ response on Mathematics learning. The research procedure consisted of 2 cycles where each cycle consisted of planning activity, action, observation, and reflection. The results of the study revealed that there was improvement to more productive teacher’s activity and more active students’ activity in Mathematics learning process and there was improvement of the mastery of students’ learning in cycle I and cycle II; thus, the coclusion of the study was the quality of mathematics learning of class VII-A students at SMPN 1 Tawalian in Mamasa on rectangular learning material could improve through cooperative model of TGT type integrated to Dienes’ Theory with scientific approach. Keywords: cooperative model of TGT type, Dienes’ Theory, scientific approach, quality of Mathematics learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:10
Last Modified: 26 Oct 2016 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item