Analisis Kesalahan Pemahaman dalam Materi Segiempat Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele pada Siswa SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang.

NAJIB, ASHARI (2014) Analisis Kesalahan Pemahaman dalam Materi Segiempat Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele pada Siswa SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ASHARI NAJIB.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK ASHARI NAJIB. 2013. Analisis Kesalahan Pemahaman dalam Materi Segiempat Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele pada Siswa SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. (Dibimbing oleh Hamzah Upu dan Ilham Minggi). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan pemahaman dalam materi segiempat menurut tingkat berfikir Van Hiele pada Siswa SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. Pemahaman yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil dari proses memahami materi matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang kelas VIII, dengan 2 Subjek yang dipilih berdasarkan hasil tes pengelompokan berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele yang disertai dengan wawancara. 2 subjek terpilih adalah siswa yang mewakili tiap tingkat level berpikir Van Hiele. Dari kedua subjek tersebut dilakukan tes pemahaman sehingga diperoleh data hasil tes tulis dan data hasil wawancara. Data tersebut dianalisis dengan langkah-langkah: (1) Reduksi data; (2) Penyajian data; (3) Penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil tes pengelompokan dari 25 orang siswa, terdapat 24 orang siswa yang berada pada Tingkat 1 (Analisis) yaitu siswa mampu memahami sifat-sifat bangun datar segiempat dan mengenal tentang bagian dan atribut komponen bangun datar segiempat dan 1 orang yang berada pada tingkat 2 (Abstraksi) yaitu siswa mampu mengurutkan secara logis sifat-sifat konsep bangun datar segiempat, mmampu membentuk defenisi abstrak tentang bangun datar segiempat, dapat membedakan himpunan sifat-sifat yang merupakan syarat perlu dan syarat cukup dalam menentukan suatu konsep, dan mampu mengetahui hubungan yang terkait antara segiempat yang satu dengan segiempat yang lain. (2) Dari hasil tes pemahaman siswa tentang materi segiempat dapat dideskripsikan bahwa kesalahan pemahaman pada Subjek 1 (NF) terjadi karena kurangnya pemahaman mengenai bagian-bagian dan atribut komponen bangun datar segiempat sehingga kesulitan dalam mengungkapkan sifat-sifat tiap bangun datar segiempat. Sedangkan kesalahan pemahaman yang terjadi Subjek 2 (NA) dalam materi bangun datar segiempat disebabkan karena kurangnya pemahaman tentang konsep dan prinsip-prinsip dari tiap-tiap bangun datar segiempat sehingga kesulitan dalam memahami hubungan yang terkait antara tiap-tiap bangun datar segiempat dan kesulitan mendefenisiskan tiap-tiap bangun datar segiempat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:10
Last Modified: 26 Oct 2016 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item