Penerapan Model Pembelajaran Missiouri Mathematic Project (MMP) Pada materi Menghitung Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kelas IX.4 SMP Negeri 3 Pangsid

Andang, Andang (2014) Penerapan Model Pembelajaran Missiouri Mathematic Project (MMP) Pada materi Menghitung Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kelas IX.4 SMP Negeri 3 Pangsid. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDANG,.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK ANDANG, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Missiouri Mathematic Project (MMP) Pada materi Menghitung Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kelas IX.4 SMP Negeri 3 Pangsid . (dibimbing oleh Darwis dan H. Djadir) Proses pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik hal tersebut menunjukkan bahwa peran aktif siswa dalam pembelajaran merupakan suatu keharusan. Rumusan masaalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada pelajaran matematika siswa kelas IX.4 SMP Negeri 3 Pangsid. (ii) Apakah Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX.4 SMP Negeri 3 Pangsid. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menerapankan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Pangsid bertujuan untuk mengukur Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Pangsid. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus setiap selesai pertemuan diadakan refleksi untuk mengetahui kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX.4 SPM Negeri 3 Pangsid tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 25 sampel. penentuan sampel untuk aktivitas siswa diambil satu kelompok hetrogen secara acak untuk mengetahui aktivitas siswa yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan soal sesuai dengan struktur pada siklus I sebesar 44 % dan dikategorikan dalam kategori sedang, Pada siklus II terlihat pada skor rata-rata peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan soal dengan struktur pada siklus II sebesar 36 % dan dikategorikan dalam kategori Tinggi Dan selanjutnya pada siklus III terlihat rata-rata peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan soal dengan benar sesuai struktur sebesar 56 % dan dikategorikan pada kategori sangat tinggi. ABSTRACT ANDANG 2014. The Application of Missiouri Mathematic Project (MMP) Learning Model in Calculating Area and Volume of Geomerty Curved Sides to Improve the Activity and Learning Outcomes of Class IX.4 Students at SMPN 3 Pangsid. (supervised by Muhammad Darwis and . Djadir) The objectives of this research are (i) to discover the application of Missiouri Mathematic Project (MMP) learning model in Math at class IX.4 of SMP Negeri 3 Pangsid; (ii.) to examine whether the application of MMP learning model may enhance the activity and learning outcomens of students in class IX.4 at SMP negeri 3 Pangsid. This was a classroom action research which applied Missouri Mathematics Project (MMP ) learning model in Math. The population was 25 students of class IX.4 at SMP Negeri 3 Pangsid of academic year 2014/2015, selected by employing random smpling technigue to one heterogeneous group. The study was coundicated in three cycle that each cycle consisting of four meetings with 80 mnutes. Reflection was held after each meeting conducted to determine deficiencies in the implementation of learning. The reslt revealed the mean score of students’ ability to solve problems in accordance with the structure of the first cycle was 44% and categorized in medium category, the second cycle was 30% and categorized in high category, the third cycle was 50% and categorized in very high category.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:10
Last Modified: 26 Oct 2016 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item