PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) PADA PERKULIAHAN BIOLOGI DASAR

Bahri, Arsad (2015) PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) PADA PERKULIAHAN BIOLOGI DASAR. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
i. ARSAD BAHRI_UNM_PDD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkuliahan Biologi Dasar di Jurusan Biologi FMIPA UNM sebagian besar masih didominasi oleh strategi pembelajaran yang masih berorientasi pada penguasaan konsep dan belum mengupayakan untuk memberdayakan kemampuan berpikir mahasiswa, termasuk keterampilan metakognitif. Hal ini berimplikasi terhadap kemampuan kognitif mahasiswa cenderung rendah. Pada proses perkuliahan, masih banyak permasalahan yang belum terpecahkan terutama yang terkait dengan konsepkonsep biologi yang mendasar yang mereka bawa dari bangku sekolah menengah. Minat baca mahasiswa terhadap materi perkuliahan untuk menyiapkan diri mengikuti perkuliahan masih sangat rendah yang berakibat pada kurangnya pengetahuan awal mahasiswa pada saat perkuliahan berlangsung sehingga mahasiswa mengalami kesulitan untuk membangun pengetahuan baru. Permasalahan lain, pembentukan sikap dan karakter mahasiswa cenderung diabaikan. Akibatnya pebelajar yang dihasilkan adalah pebelajar yang hanya cerdas dalam berpikir tetapi tidak berkarakter. Diperlukan suatu strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengatasi permasalahan di atas. Strategi yang dianggap tepat untuk diterapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Namun ada kecenderungan hanya mahasiswa dengan kemampuan akademik atas yang dapat terlibat aktif dalam pembelajaran PBL, sedangkan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik bawah cenderung kesulitan menyelesaikan permasalahan-permasalahan di dalam kelas. Penyebabnya antara lain tidak ada kolaborasi antara mahasiswa berkemampuan akademik atas dan berkemampuan akademik bawah atau mahasiswa cenderung tidak memiliki pengetahuan awal terkait materi perkuliahan yang akan dibahas karena kurang membaca. Reading Questioning and Aswering (RQA) adalah salah satu strategi pembelajaran yang dikembangkan atas dasar kenyataan bahwa hampir semua mahasiswa yang ditugasi membaca materi kuliah terkait perkuliahan yang akan datang selalu tidak membaca, yang berakibat strategi perkuliahan yang dirancang sulit atau tidak terlaksana dan pada akhirnya pemahaman terhadap materi perkuliahan menjadi rendah. Implementasi strategi pembelajaran RQA terbukti mampu memaksa mahasiswa untuk membaca materi kuliah yang ditugaskan, sehingga strategi perkuliahan yang dirancang dapat terlaksana dan pemahaman terhadap materi perkuliahan berhasil ditingkatkan. Perpaduan strategi pembelajaran RQA dengan PBL diharapkan mampu menutupi kekurangan dari PBL. Perpaduan RQA dan PBL ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan metakognitif mahasiswa. Kemampuan metakognitif mahasiswa dapat diberdayakan melalui strategi-strategi pembelajaran. Kemampuan metakognitif untuk memonitor hasil belajar mahasiswa sendiri dengan menggunakan strategi tertentu, agar belajar dan mengingat dapat berkembang. Strategi pembelajaran RQA termasuk strategi pembelajaran metakognitif. Strategi metakognitif merupakan strategi yang digunakan untuk mengetahui proses kognitif seseorang dan caranya berpikir tentang bagaimana informasi diproses. Selain itu, pengembangan karakter mahasiswa diharapkan berkembang melalui strategi PBL dipadu RQA.

Item Type: Other
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 25 Nov 2018 06:15
Last Modified: 25 Nov 2018 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item