Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa MTs Model Makassar

Saharullah, Saharullah and Usman, Arifuddin and Muhammadong, Muhammadong (2016) Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa MTs Model Makassar. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian)
Laporan Penelitian - Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar....pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Laporan Penelitian)
Peer Review Laporan Penelitian - Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar....pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan jasmani pada siswa MTs Model Makassar. Adapun jenis yang dipakai adalah kualitatif dengan mendeskripsikan keadaan siswa dalam mengikuti pelajaran agama Islam kemudian melakukan perbandingan untuk mengetahui motivasi siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan 1. teologis normatif dimaksudkan untuk mejelaskan dalil-dalil yang dikemukakan baik dari Al-Qur’an maupun dari hadis Nabi saw. 2. Pendektan sosiologis dimaksudkan untuk mengetahui gejala sosial dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani 3. pendekatan psikologis dimaksudkan untuk mengetahui gejala psikologis siswa Madrasah Tsanawiyah selama proses belajar pendidikan agama Islam dan pendidikan jasmani. Penelitian ini mengambil 38 responden siswa kelas VI dari seluruh populasi siswa Madrasah Tsanawiyah dengan menggunakan sample random. Hasil penelitian terhadap peranan pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani menunjukkan angka yang signifikan dan dapat dikategorikan tinggi dengan hasil sangat memuaskan. Hal itu dapat dilihat dari rata-rata angka yang dicapai oleh siswa diatas 79-82. Jika diklasifikasi, maka dapat dihitung ada 19 orang siswa mendapatkan angka 80, 13 orang siswa mendapatkan angka 81, 3 orang siswa mendapatkan angka 82, dan 3 orang siswa mendapat angka 79. Adapun mata pelajaran pendidikan agama Islam, maka 8 orang siswa mendapatkan angka 80, 20 orang siswa mendapatkan angka 81, dan 10 orang siswa mendapatkan angka 82. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak Madrasah Tsanawiyah Model Makassar untuk memberikan dukungan baik sarana maupun prasarana serta dapat menjadi motivator sehingga dapat terlaksana proses belajar mengajar.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Muh Yakin Amin
Date Deposited: 13 Dec 2018 01:53
Last Modified: 06 Sep 2019 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11460

Actions (login required)

View Item View Item