DESAIN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AN-NUR MA’ARIF BAKENGKENG

Hardiani, Hardiani (2018) DESAIN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AN-NUR MA’ARIF BAKENGKENG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HARDIANI FIX.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain pembelajaran IPS berbasis media PowerPoint yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Serta sebagai bahan ajar penungjang proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi Peran sumber daya alam bagi kehidupan dan kergaman sosial budaya sebagai modal dasar pembangunan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang di uji cobakan menggunakan uji coba PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs An-Nur Ma’arif Bakengkeng dengan jumlah 20 orang. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis PowerPoint pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument penilaian desain media oleh ahli media, instrument penilaian desain media oleh peserta didik, lembar observasi, angket motivasi dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembuatan Desain Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTS An-Nur Ma’Arif Bakengkeng. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor persentase siswa. Peningkatan skor motivasi sebesar 67,33% (sedang) meningkat menjadi 88,04% (sangat tinggi). Dan persentase skor hasil belajar sebelum mendesain pembelajaran adalah dari 20%, dan setelah mendesain pembelajaran berbasis media PowerPoint meningkat menjadi 60% pada siklus 1, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 13 Dec 2018 01:53
Last Modified: 13 Dec 2018 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item