Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Pemanfaatan Fasilitas Belajar Melalui Motivasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Jeneponto. (

SAINONG, RAHMAWATI (2014) Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Pemanfaatan Fasilitas Belajar Melalui Motivasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Jeneponto. (. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rahmawati sainong.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK RAHMAWATI SAINONG. Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Pemanfaatan Fasilitas Belajar Melalui Motivasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Jeneponto. (dibimbing oleh Djadir dan Alimuddin) Masalah utama yang diperhatikan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh pola asuh demokratis orang tua dan pemanfaatan fasilitas belajar yang melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Jeneponto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas V III SMP Negeri se-Kabupaten Jeneponto. Data dikumpulkan melalui 202 sampel yang terpilih dengan teknik sampling acak strata bertujuan (purposive stratified random sampling) menggunakan kuesioner yang terstruktur dan tes prestasi belajar sebagai instrumen penelitian. Prosedur analisis data dimulai dengan uji validasi dan reliabilitas instrumen melalui analisis Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI), diikuti dengan verifikasi model untuk memperoleh model struktural tahap final. Terakhir, analisis mediasi variabel intervening dilakukan terhadap model struktural tahap final. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa pola asuh demokratis orang tua siswa SMP Negeri se-Kabupaten Jeneponto berada pada pola asuh demokratis kategori tinggi dengan rata-rata 74,26% dengan skor ideal untuk kategori tingi berada pada interval 61-80, Pemanfaatan fasilitas belajar siswa se-Kabupaten Jeneponto berada pada kategori sedang dengan rata-rata 71,29% dengan skor ideal untuk katengori sedang berada pada interval 26-38, Motivasi belajar matematika siswa se-kabupaten Jeneponto berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 50,99%, dengan skor ideal untuk kategori berada pada interval 61-80 dan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri se-Kabupaten Jeneponto berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 48,51% dengan skor ideal untuk kategori sedang berada pada interval 10-14. Hasil penelitian juga memberikan informasi bahwa pola asuh demokratis orang tua dan pemanfaatan fasilitas belajar yang melalui motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri se-Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:08
Last Modified: 26 Oct 2016 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item