PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERINTEGRASI SOFT SKILL PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK

Mardiawati, Mardiawati (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERINTEGRASI SOFT SKILL PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Mardiawati.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan mengitegrasikan atribut soft skill pada mata pelajaran pemrograman web yang berkualitas (valid, praktif, dan efektif). Kemampuan soft skill sangat dibutuhkan dalam pembelajaran, karena soft skill merupakan hal yang urgen dalam mengatasi pengangguran yang berasal dari lulusan SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research & Development). R & D merupakan sebuah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi prototype pendidikan, atau suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan prototype tertentu, dan menguji keefektifan prototype tersebut. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran terintegrasi soft skill pada mata pelajaran pemrograman web ini mengikuti model pengembangan 4-D (Thiagarajan) yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu tahap define, design, develop, dan disseminasi. Atribut soft skill yang yang digunakan terdiri atas 10 atribut yaitu, jujur, komunikasi, disiplin, percaya diri, tanggung jawab, santun, beradaptasi, bekerjasama, kreatif, dan inovatif. Penelitian ini menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Petunjuk Penggunaan RPP, Modul, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Media, dan Tes Hasil Belajar. Hasil perangkat pembelajaran ini divalidasi oleh ahli dan dinyatakan valid, sehingga layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji coba, diperoleh bahwa perangkat pembelajaran ini dinyatakan praktis diukur berdasarkan kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan efektif diukur berdasarkan aktivitas peserta didik, respon peserta didik terhadap pelaksanaan dan perangkat pembelajaran, serta tes hasil belajar. Kata kunci : Perangkat pembelajaran, Soft Skill

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2018 03:00
Last Modified: 06 Nov 2018 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11362

Actions (login required)

View Item View Item