PERSEPSI SISWA KELAS VIII 2 SMPN 4 WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR TERHADAP PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

Gusti Putu Ngurah, Astawa and Lanta L., Lanta L. and Tangsi., Tangsi. (2018) PERSEPSI SISWA KELAS VIII 2 SMPN 4 WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR TERHADAP PEMBELAJARAN SENI BUDAYA. Jurnal Tanra, 5 (2). pp. 44-54. ISSN 2407-6066

[img] Text
Hal 44-54 Gusti Putu Ngurah Astawa, Lanta L, Tangsi.docx

Download (217kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/tanra/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kabupaten Luwu Timur terhadap tujuan dan manfaat pembelajaran Seni Budaya. (2) Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kabupaten Luwu Timur terhadap strategi pembelajaran Seni Budaya. (3) Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kabupaten Luwu Timur terhadap penguasaan materi oleh guru dalam pembelajaran Seni Budaya. (4) Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kabupaten Luwu Timur terhadap pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kab. Luwu Timur. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah observasi (pengamatan), angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif, data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu terhadap tujuan dan manfaat pembelajaran Seni Budaya cukup baik dan dirasakan oleh semua siswa. (2) Persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu terhadap strategi pembelajaran Seni Budaya cukup baik, namun media pendukung strategi pembelajaran belum memadai. (3) Persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu terhadap penguasaan materi oleh guru cukup baik, dengan data yang menunjukkan banyaknya siswa yang menyatakan guru cukup baik dalam menguasai materi pembelajaran. (4) Persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu terhadap pelaksanaan evaluasi hasil pembelajaran Seni Budaya cukup baik, siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi, seni budaya, strategi pembelajaran seni budaya
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions:
Depositing User: Mr. Dian Cahyadi
Date Deposited: 02 Nov 2018 20:19
Last Modified: 02 Nov 2018 20:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11349

Actions (login required)

View Item View Item