Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Think Pair Share dan Talking Stick dengan Pendekatan Open-Ended Kelas VII SMP Negeri 3 Pattalassang

Wardiman, Muh. Afif and Arsyad, Nurdin and Minggi, Ilham (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Think Pair Share dan Talking Stick dengan Pendekatan Open-Ended Kelas VII SMP Negeri 3 Pattalassang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal AFIF[98].pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan respons peserta didik dalam penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick dengan pendekatan Open-Ended pada kelas VII SMP Negeri 3 Pattalassang. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen yang tergolong ke dalam penelitian Pre-Experimental Design atau secara spesifik termasuk desain one group only pretest- posttest design yang menggunakan satu kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick dengan pendekatan Open-Ended. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pattalassang Kab. Gowa dengan jumlah keseluruhan peserta didik 100 orang, sedangkan sampelnya dipilih 1 kelas melalui cluster random sampling yakni kelas VII3 terdiri atas 33 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick dengan pendekatan Open-Ended dinyatakan efektif diterapkan di SMP Negeri 3 Patalassang Kab. Gowa dengan kriteria ketercapaian: (1) aktivitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick dengan pendekatan Open-Ended berada pada kategori cukup aktif; (2) hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick dengan pendekatan Open-Ended berada pada kategori sedang dan memenuhi KKM 75; (3) respons peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick dengan pendekatan Open- Ended berada pada kategori positif. Kata kunci: efektifitas, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, model pembelajaran talking stick, pendekatan open-ended

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:29
Last Modified: 31 Oct 2018 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11330

Actions (login required)

View Item View Item