KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X ILMU BAHASA DAN BUDAYA (IBB) SMA NEGERI 1 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP TAHUN AJARAN 2014-2015

Muhayyang, Mushdiqah (2018) KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X ILMU BAHASA DAN BUDAYA (IBB) SMA NEGERI 1 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP TAHUN AJARAN 2014-2015. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 211-223. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Mushdiqah_Keterampilan Menulis.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur kompleks kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene pada aspek isi, struktur, kaidah penulisan dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB) SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep Tahun Ajaran 2014 – 2015 dan ditetapkan sebagai sampel pada kelas sepuluh bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil menulis teks prosedur kompleks siswa secara keseluruhan belum dapat dikatakan memadai, sesuai dengan temuan, terdapat 92,29% siswa dinyatakan tidak tuntas menulis teks prosedur kompleks dan hanya 7,69% siswa dinyatakan tuntas menulis teks prosedur kompleks.Sehubungan dengan penelitian ini, disarankan guru hendaknya memperhatikan tata penulisan siswa khususnya dalam aspek kaidah kebahasaan, bagi siswa disarankan hendaknya lebih giat belajar dan melatih keterampilan menulis, khususnya teks prosedur kompleks, bagi peneliti, diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan acuan ataupun referensi bagi penelitian selanjutnya, khususnya penelitian yang relevan. Kata Kunci : Keterampilan, keterampilan menulis, teks prosedur kompleks

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:03
Last Modified: 30 Oct 2018 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item