Komparasi keefektifan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam materi geometri pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa.

RUSLAN DJAYA, MUHAMMAD (2014) Komparasi keefektifan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam materi geometri pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muhammad Rusland Djaya.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD RUSLAN DJAYA. 2013. Komparasi keefektifan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam materi geometri pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa. (dibimbing oleh Muhammad Darwis M dan H. Usman Mulbar). Penelitian ini adalah penelitian eksperiman yang bertujuan adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe NHT; keefektifan model pembelajaran tipe TAI berdasarkan aspek hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respons siswa; keefektifan model pembelajaran NHT berdasarkan aspek hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respons siswa; dan untuk mengetahui perbandingan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan tipe NHT pada materi Geometri di Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2012/2013 di Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa, Gowa dengan memilih secara acak dua kelas dari tigabelas kelas. Kelas-kelas terpilih memperoleh tepat satu tipe pembelajaran dari tipe TAI dan NHT pada materi geometri. Selanjutnya, keefektifan pembelajaran yang terdiri atas tiga aspek, yakni hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan repons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam materi geometri terlaksana dengan baik dengan rata-rata keterlaksanaan adalah 3,60. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam materi geometri pada siswa kelas VII SMP efektif ditinjau dari aspek: (a) hasil belajar siswa dengan rata-rata skor postes lebih besar dari rata-rata skor pretes, rata skor postes adalah 79,47≥KKM, dan siswa yang tuntas sebnyak 88,89% ≥ 85%; (b) aktivitas belajar siswa dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas 3,24; dan (c) respons siswa dengan rata-rata 3,57 (kategori positif). (3) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam materi geometri pada siswa kelas VII SMP terlaksana dengan baik dengan rata-rata keterlaksanaan adalah 3,69. (4) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam materi geometri pada siswa kelas VII SMP efektif ditinjau dari aspek: (a) hasil belajar siswa dengan rata-rata skor post-tes lebih besar dari rata skor pretes, rata skor postes adalah 78,64≥KKM, dan siswa yang tuntas sebnyak 86,11% ≥ 85%; (b) aktivitas belajar siswa dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas 3,11; dan (c) respons siswa dengan rata-rata 3,46. (5) Berdasarkan kriteria keefektifan yang telah ditetapkan, dapat dikatakan bahwa pada materi geometri dengan KD menentukan keliling dan luas bangun segi empat dan segitiga serta menggunakannya dalam pemecahan masalah penerapan model pembelajaran kooperatf tipe TAI lebih efektif dari pada Tipe NHT d siswa kelas VII SMP, dimana ketiga aspek yakni aspek hasil belajar siswa, aspek aktivitas siswa, dan aspek respons siswa lebih unggul untuk tipe TAI ABSTRACT MUHAMMAD RUSLAN DJAYA.2013.Comparison on the Effectiveness of Cooperative Learning Model of Numbered Head Together (NHT) and Team Assisted Individualization (TAI) in Geometry of Grade VII Students at SMPN 4 Sungguminasa (supervised by Muhammad Darwis M and Usman Mulbar) The study is an experiment research which aims at examining (1) the implementation of cooperative learning model of TAI (Team Assisted Individualization) type and NHT (Numbered Head Together) type; (2) the effectiveness of learning model of TAI type based on the aspects of learning outcomes, students’ activity, and students’ response; (3) the effectiveness of learning model of NHT type based on the aspects of learning outcomes, students’ activity, and students’ response; and (4) the comparison on the effectiveness of cooperative learning model of TAI type and NHT type in Geometry of grade VII students at SMPN 4 Sungguminasa. The study was conducted in grade VII at SMPN 4 Sungguminasa in Gowa on the second semester of academic year 2012/2013. Samples were selected randomly and obtained two classes out of thirteen classes. The chosen classes implemented the TAI type and the other one implemented the NHT type in Geometry lesson. The effectiveness of learning which consisted of thee aspect, namely learning outcomes of students, learning activity of students, and students’ response were examined. The result of study reveal that (1) the implementation of cooperative learning model of TAI type in geometry was conducted well with the mean score 3.60; (2) the implementation of cooperative learning model of TAI type in Geometry was effective based on the aspects of a students’ learning outcomes with the mean score of post-test greater than the pre-test by 79.47 ≥ KKM and students’ mastery of the lesson was 88.89% ≥ 85%, b) students’ learning outcomes with the implementation of activity 3.24, and c) students’ response with the mean score 3.57 (positive category); (3) the implementation of cooperative learning model of NHT type was conducted well with the mean score of the implementation 3.69; (4) the implementation of cooperative learning model of NHT type was effective based on the aspect of a) students’ learning outcomes with the mean score of post-test was greater than pre-test by 78.64 ≥ KKM and students’ mastery of the lesson was 86.11% ≥ 85%, b) students’ response with the mean score 3.46; (5) based on the set effective criteria, it is confirmed that the geometry lesson by determining the circumstance and area of square and triangle and used in solving the problem on the implementation of cooperative learning model of TAI type is better than NHT type of grade VII students at SMP where the three aspects, namely students’ learning outcomes, students’ activity, and students’ response were better than the TAI type.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 01:18
Last Modified: 26 Oct 2016 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item