Pemakaian tipe STAD metode belajar kelompok untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada SMP Negeri 3 Bua

Karim, Hasanuddin (2014) Pemakaian tipe STAD metode belajar kelompok untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada SMP Negeri 3 Bua. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HAsanuddin Karim.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Hasanuddin Karim. Pemakaian tipe STAD metode belajar kelompok untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada SMP Negeri 3 Bua (dibimbing oleh Haryanto dan Kisman Salija). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) sejauh manah student teams achievement divisions tipe metode belajar kelompok dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada kelas dua SMP Negeri 3 Bua. Dan (2) pendapat siswa tentang penggunaan student teams achievement divisions tipe metode belajar kelompok dalam menulis teks prosedur pada kelas dua SMP Negeri 3 Bua. Penelitian ini menggunakan metode experiment semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua SMP Negeri 3 Bua. Alat yang digunakan adalah test tulis dan angket. Test tulis digunakan untuk memperoleh hasil siswa dalam menulis teks prosedur setelah perlakuan dengan menggunakan STAD. Angket digunakan untuk mengumpulkan pendapat siswa tentang penggunaan student teams achievement divisions tipe metode belajar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Itu di perkuat dengan nilai rata-rata pada post-tes di kelas experiment adalah 76.05 yang lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pada pre-tes, yaitu 63.00. Pendapat siswa menunjukkan bahwa siswa antusias dan semangat selama proses belajar mengajar berlangsung. Berdasar pada hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa: (1) pemakaian student teams achievement divisions meningkatkan prestasi siswa dalam menulis teks prosedur. (2) pemakaian student teams achievement divisions membuat siswa antusias, semangat dan termotivasi dalam menulis. ABSTRACT Hasanuddin Karim. Using STAD Type of Cooperative Learning Method to Improve Students’ Achievement in Writing Procedure Text at SMP Negeri 3 Bua (supervised by Haryanto and Kisman Salija) The objectives of the research is to find out: (1) whether or not the use of student teams achievement divisions type of cooperative learning method can improve students’ achievement in writing procedure text at the second year of SMP Negeri 3 Bua. And (2) students’ opinion about using of student teams achievement divisions type of cooperative learning method in writing procedure text at the second year of SMPN 3 Bua. This research applied quasi experimental research method. The subject of the research was the second year students of SMP Negeri 3 Bua, academic year 2012/2013. The instruments used were writing test and questionnaire. Writing test used to obtain data of students achievement in writing procedure text after treatment using STAD. Questionnaire is used to collect students’ opinion of using student teams achievement divisions type of cooperative learning method. The result of data analysis showed that the students’ achievement was significantly improved. It was proved by the mean score of the students in post test of experimental class is 76.05 which was greater than the mean score of the students’ in pre test, that is 63.00. The data analysis from students’ opinion showed that students were enthusiastic and spirit during teaching and learning process. Based on the data analysis, the writer concluded that: (1) using student teams achievement divisions improve students’ achievement in writing procedure text. (2) using student teams achievement divisions made the student enthusiastic, spirit and motivated to write an essay.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 01:01
Last Modified: 26 Oct 2016 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item