PENERAPAN SELF ASSESSMENT (PENILAIAN DIRI) PADA TOPIK SISTEM KOORDINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIDISALAH SATU SMP NEGERI DI MAKASSAR

Nadzra, Nadzra and Djam’an, Nurwati and Ja’faruddin, Ja’faruddin (2018) PENERAPAN SELF ASSESSMENT (PENILAIAN DIRI) PADA TOPIK SISTEM KOORDINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIDISALAH SATU SMP NEGERI DI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.docx

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa berdasarkan self assessment dan assessment yang dilakukan oleh guru, mengetahui perbedaan nilai self assessment dan assessment yang dilakukan oleh guru, serta mengetahui perbedaan nilai rata-rata tes sebelum dan sesudah penerapan self assessment. Pengukuran terhadap hasil belajar siswa dilakukan terhadap kelompok belajar kelas VIII disalah satu SMP Negeri di Makassar yang terdiri dari 30 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Metode pengambilan data menggunakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar self assessment dan tes hasil belajar. Nilai hasil belajar siswa berdasarkan self assessment diperoleh nilai rata-rata 84.60 dan nilai hasil belajar siswa berdasarkan assessment yang dilakukan guru diperoleh nilai rata-rata 80.83. Perbedaan nilai self assessment dan assessment yang dilakukan oleh guru diukur melalui analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 20.0 dan diperoleh hasil sig. (2-tailed) 0,000 < α = 0.05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hipotesis diterima. Adapun perbedaan nilai rata-rata tes sebelum dan setelah penerapan self assessment juga diukur melalui analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 20.0 dan diperoleh hasil sig. (2-tailed) 0,000 < α = 0.05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai self assessment dan assessmen yang dilakukan oleh guru serta terdapat perbedaan nilai rata-rata tes sebelum dan sesudah penerapan self assessment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:35
Last Modified: 16 Oct 2018 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11144

Actions (login required)

View Item View Item