PENGARUH PERSEPSI DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MOTIVASI BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA MAN 3 BONE

Farahna, Abdullah (2018) PENGARUH PERSEPSI DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MOTIVASI BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA MAN 3 BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung: 1) persepsi peserta didik pada pembelajaran fisika terhadap motivasi belajar fisika kelas XI IPA MAN 3 Bone; 2) iklim sekolah terhadap motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Bone; 3) persepsi peserta didik pada pembelajaran fisika terhadap hasil belajar fisika kelas XI IPA MAN 3 Bone; 4) iklim sekolah terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Bone; dan 5) motivasi belajar fisika terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 3 Bone dengan jumlah 207 peserta didik. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik slovin dengan jumlah peserta didik sebanyak 141 peserta didik. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar fisika yang telah diuji coba empirik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Linear Structural Relationship (LISREL). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis inferensial, analisis faktor dan analisis jalur model struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model persamaan struktural yang menggambarkan hubungan persepsi peserta didik terhadap pembelajaran fisika, iklim sekolah, motivasi belajar fisika, dan hasil belajar fisika dapat diterima. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi peserta didik terhadap pembelajaran fisika tidak memiliki pengaruh langsung terhadap motivasi belajar fisika; 2) iklim sekolah memiliki pengaruh langsung terhadap motivasi belajar fisika; 3) persepsi peserta didik terhadap pembelajaran fisika tidak memiliki pengaruh langsung terhadap hasil belajar fisika; 4) iklim sekolah tidak memiliki pengaruh langsung terhadap hasil belajar fisika; dan 5) motivasi belajar tidak memiliki pengaruh langsung terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Bone. Kata Kunci: Expost-facto, persepsi peserta didik terhadap pembelajaran fisika,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Oct 2018 02:44
Last Modified: 04 Oct 2018 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item