Syam, Andi Nurannisa (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIPADU STRATEGI RETRIEVAL PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI DITINJAU DARI KESADARAN METAKOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN 8 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadu strategi retrieval practice terhadap hasil belajar dan retensi siswa ditinjau dari kesadaran metakognitif, yang terdiri atas tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah di kelas X SMAN 8 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest posttest control group faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar dan retensi serta angket kesadaran metakognitif untuk memperoleh data kesadaran metakognitif. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa dengan kesadaran metakognitif tinggi, sedang, danrendah setelah diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dipadu retrieval practice dengan nilai signifikan yang 0.000 < 0,05. 2) Terdapat perbedaan retensi pada siswa dengan kesadaran metakognitif tinggi, sedang, dan rendah setelah diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dipadu retrieval practic. Nilaisignifikan yang diperolehyaitu 0.000< 0,05. Kata kunci; kesadaran metakognitif, hasil belajar, retensi, model pembelajaran inkuiri, strategi retrieval practice.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Biologi |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 07:27 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 07:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11021 |
Actions (login required)
View Item |