PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO BERBASIS SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID TINGKAT SMA

Yakub, Andi Fildah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO BERBASIS SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID TINGKAT SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media e-learning menggunakan edmodo berbasis smartphone untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi system koloid tingkat SMA yang valid menurut para ahli, praktis menurut respon pendidik dan peserta didik, dan efektif menurut pencapaian tujuan yang ditetapkan. Pada penelitian pengembangan ini digunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang peserta didik kelas XI MIA 3 pada ujicoba pertama dan 26 orang peserta didik kelas XI MIA 2 pada ujicoba kedua di SMA Negeri 14 Bone. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar aktivitas dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu: (1) media edmodo berbasis smartphone dinyatakan valid dengan perolehan nilai berada pada rentang antara 3,5 – 4 (valid – sangat valid) berdasarkan penilaian ahli; dan (2) media edmodo berbasis smartphone dinyatakan praktis dengan perolehan presentasi antara 60% - 100% (praktis – sangat praktis) berdasarkan penilaian praktisi pendidik dan peserta didik setelah memakai media edmodo; dan (3) media edmodo berbasis smartphone dinyatakan efektif berdasarkan skor angket motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah penggunaan edmodo yang mengalami peningkatan yang signifikan serta didukung oleh hasil penilaian aktivitas belajar peserta didik berada pada kriteria aktif dan hasil belajar peserta didik yang memenuhi KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media e-learning menggunakan edmodo berbasis smartphone yang telah dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMA dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan oleh pendidik menjadi sistem pendukung dalam proses pembelajaran pada materi koloid. Kata kunci: Edmodo, E-learning, Motivasi Belajar, Smartphone

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:04
Last Modified: 26 Sep 2018 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10962

Actions (login required)

View Item View Item