MINAT BACA SISWA KELAS RENDAH DALAM PELAKSANAAN LITERASI SEKOLAH DI SD ISLAM AL AZHAR 34 MAKASSAR

Damrin, Hasninda (2018) MINAT BACA SISWA KELAS RENDAH DALAM PELAKSANAAN LITERASI SEKOLAH DI SD ISLAM AL AZHAR 34 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel...pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa kelas rendah dalam pelaksanaan literasi sekolah di SD Islam Al Azhar 34 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Azhar 34 Makassar. Subjek penelitian adalah siswa kelas rendah, kepala sekolah, guru kelas, dan kepala perpustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen.Data yang terkumpulkemudian dideskripsikan dan dianalisis, sehingga diperoleh bahwa :1) Program literasi sekolah di SD Islam Al Azhar 34 Makassar berperan dalam memotivasi siswa kelas rendah untuk menyukai kegiatan membaca. 2) Peran dan tanggung jawab wali kelas rendah sangat penting, karena siswa kelas rendah belum memiliki inisiatif sendiri untuk mengikuti kegiatan membaca. 3) Upaya pihak sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa kelas rendah adalah selalu memberikan sosialisasi mengenai kegiatan literasi, mengenalkan pentingnya menumbuhkan minat. 4) Perpustakaan yang ada di SD Islam Al Azhar sudah mampu untuk menunjang pelaksanaan literasi sekolah. 5) Minat baca siswa kelas rendah di SD Islam Al Azhar 34 Makassar dalam pelaksanaan literasi sekolah saat ini sudah semakin baik seiring dengan berjalannya waktu. Sejak di berlakukannya program literasi sekolah di sekolah tersebut, siswa semakin antusias untuk membaca. Kata Kunci: Minat Baca, Siswa Kelas Rendah, Literasi Sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:59
Last Modified: 25 Sep 2018 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10943

Actions (login required)

View Item View Item