ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VII SMP FRATER MAKASSAR

MASSAN GAWE, Silvester (2018) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VII SMP FRATER MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
02-Artikel Penelitian.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk 1) deskripsi pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field-independent (FI) dan kecemasan matematis rendah dan tinggi, 2) deskripsi pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field-dependent (FD) dan kecemasan matematis rendah dan tinggi. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrument dan pengumpulan data yang digunakan berupa Tes GEFT, angket kecemasan, tes matematika dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Subjek yang bergaya kognitif FI kemampuannya dalam menyelesaikan masalah yakni analitis dan jelas, namun ada kekeliruan pada langkah penyelesaian disebabkan kecemasan yang tinggi. 2) Subjek FD dalam menyelesaikan masalah yakni berpikir menyeluruh karena kecemasan rendah mampu menyelesaikan masalah namun belum tuntas sedangkan kecemasan tinggi masih berpikir mencoba-coba sehingga tidak dapat menyelesaikan masalah secara tuntas. 3) keterkaitan antara gaya kognitif dan kecemasan matematis terlihat dalam menyelesaikan masalah yakni pada kebenaran perhitungan dan langkah-langkah penyelesainnya. Sedangkan kecemasan matematis dipengaruhi oleh gaya kognitif FI dan FD terlihat dalam menyelesaikan masalah yaitu, subjek FI yang analitis dan mempunyai persepsi luas sehingga mampu menyelesaikan masalah, sedangkan subjek FD lebih intuitif, presepsi sempit dan tidak mampu menyelesaikan masalah dengan tuntas. Kata kunci: pemecahan masalah matematika, gaya kognitif dan kecemasan matematis. Abstrack This study aims to 1) description of the mathematical problem solving in terms of cognitive style field-independent (FI) mathematical anxiety and low and high, 2) description of mathematical problem solving in terms of cognitive style field-dependent (FD) and mathematical low and high anxiety. Type a descriptive qualitative research. Instrument and data collection that is used in the form of Test anxiety now, GEFT, math test and interview. Data analysis techniques used, namely the reduction of data, data presentation, data verification and withdrawal of the conclusion. Research results: 1) the stylish Subject of cognitive ability in resolving the problem FI i.e. analytical and clear, but there is confusion on step completion caused high anxiety. 2) FD Subject in resolving problems i.e. thorough thinking because anxiety low was able to complete the issue hadn't yet high anxiety while still think dabble so can not solve the problem completely. 3) link between cognitive style and anxiety seen in a mathematically solve problems I on righteousness calculations and measures penyelesainnya. While the mathematical anxiety cognitive style is influenced by the FI and FD is seen in resolving problems, a subject that has broad perceptions of analytic and so was able to resolve the problem, while the subject is more intuitive, FD presepsi narrow and unable to resolve the problem completely. Keywords: mathematical problem solving, cognitive style and anxiety mathematically.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:41
Last Modified: 25 Sep 2018 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10941

Actions (login required)

View Item View Item