PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED PADA PEMEBELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR

Komeini, Muhammad (2018) PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED PADA PEMEBELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ringkasan tesis.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD KOMEINI, 2018. Pengaruh Pendekatan Open Ended pada Pembelajaran Kelistrikan Otomotif di SMK Negeri 3 Makassar.(Dibimbing oleh Muhammad Yahya dan Sunardi). Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa dalam metode mengajar close ended; (ii) untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa dalam metode mengajar open ended yang diskenariokan; (iii) untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode mengajar open ended yang diskenariokan terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sistem kelistrikan otomotif dengan skenario berbasis masalah; (iv) untuk mengetahui respon guru terhadap metode mengajar close ended dengan open ended yang diskenariokan; (v) untuk mengetahui metode mengajar manakah yang lebih cepat memberi pemahaman kepada siswa apakah dengan merangkai kelistrikan (close ended) ataukah dengan dengan memecahkan masalah kelistrikan (open ended yang diskenariokan). Sampel melibatkan satu kelas utuh (yang terdiri atas 25 siswa) yang dipilih dengan teknik sampling purposive.Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif persentase, tabel distribusi frekuensi dan menguji hipotesis dengan dengan analisis statistic nonparametric uji mann whitney dengan SPSS-PC 20.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) kemampuan siswa dalam merangkai sistem kelistrikan otomotif (metode mengajarclose ended) adalah 88 %, (2) kemampuan siswa dalam memecahan masalah kelistrikan otomotif dengan skenario berbasis masalah (metode mengajar open ended yang diskenariokan) adalah 72 %, (3) pengaruh kemampuan siswa dalam merangkai kelistrikan (metode mengajar close ended) lebih tinggi daripada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kelistrikan (metode mengajar open ended yang diskenariokan), (4) respon guru yang setuju terhadap metode mengajar open ended yang diskenariokan lebih tinggi daripada metode mengajar close ended, (5) Metode mengajar yang lebih cepat memberi pemahaman kepada siswa adalah metode mengajar close ended. Kata Kunci : close ended, kemampuan kelistrikan otomotif, open ended.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:05
Last Modified: 24 Sep 2018 04:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10919

Actions (login required)

View Item View Item