MAHARANI, MAHARANI (2018) IMPLIKASI MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PERUBAHAN POLA INTERAKSI PADA SISWA SLTP DI KECAMATAN BINUANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
ARTIKEL MAHARANI.pdf Download (311kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang bertujuan (i) untuk mengetahui pola perubahan interaksi pada Siswa SLTP di Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar; (ii) untuk mengetahui dampak media sosial facebook pada perubahan pola interaksi pada siswa SLTP di Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan fokus penelitian siswa SLTP pengguna facebook di Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Teknik penentuan informan porpusive sampling dengan jumlah informan 24 orang. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kemunculam facebook, sangat memberi kemudahan bagi siswa untuk saling berinteraksi dengan sesamanya. Tak hanya itu dengan tampilan-tampilan yang ada di facebook mempermudah siswa untuk berinteraksi secara personal kepada teman barunya, apalagi dengan ditampilkannya fitur-fitur yang mumudahkan siswa berinteraksi; (ii) Dampak positif yang dapat dirasakan bagi para siswa antara lain semakin eratnya tali silaturahmi antara teman yang sudah terjalin di dunia nyata, memberikan berbagai macam informasi yang menarik, sarana untuk saling menyapa dan berinteraksi dengan teman, juga sebagai sarana untuk merileksakan fikiran. Sedangkan dampak negatif facebook yaitu siswa cenderung lupa waktu sehingga banyak waktu mereka yag terbuang sia-sia, tidak ada batasan ranah pribadi dan public karena hal-hal yang harusnya tidak terungkap dapat terungkap di facebook. Kata Kunci :Media Sosial Facebook, Perubahan interaksi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 03:41 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 03:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10917 |
Actions (login required)
View Item |