Peran Orang Tua Terhadap Pembinaan Moral Siswa Di SMP Negeri 1 Balusu Kecamatan Balusu Kabupaten Barru.

Husna, Husna (2018) Peran Orang Tua Terhadap Pembinaan Moral Siswa Di SMP Negeri 1 Balusu Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal Husna 1364040007.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui, (1) peran orang tua terhadap pembinaan moral siswa di SMP Negeri 1 balusu kecamatan balusu kabupaten barru, (2) faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam membina moral anaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut pandang partisipan dan menganalisa gambaran menyeluruh dan kompleks yang disajikan dengan katakata, melaporkan pandangan terperinci yang diperoleh dari para sumber informasi, serta dilakukan dalam latar (setting) yang alamiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua di desa madello sangat memperhatikan anak-anaknya. Meraka tahu bahwa peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai moral kepada anaknya memang sangat besar seperti menanamkan nilai-nilai moral sejak dini seperti berbicara dengan sopan antar sesama, dan mengajarkan tata krama kepada anaknya, memperhatikan hak-hak agar anak mempunyai moral baik dalam keluarga maupun dalam lingkungan sekolah dan masyarakat, memperkenalkan nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat, mengajarkan anak pendidikan tentang agama berkaitan dengan bergaul sesama manusia, mengarahkan dan memotivasi dalam hal mengikuti tata aturan atau kebiasaan yang berlaku di masyarakat dengan perilaku terpuji seperti sikap hormat kepada orang tua, mengucapkan salam jika bertemu, membantu sesama, saling tolong menolong, dan memberikan contoh yang baik atau teladan kepada anak-anaknya terutama dalam hal moral.. Dalam hal itu pula terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan moral siswa contohnya:faktor pendukung: 1) mengabaikan, 2) membiarkan), mengalihkan perhatian, 3) tantangan, 4)memuji. Dan faktor penghambat seperti : 1) cara pengajaran, 2) perubahan nilai sosial, 3) perbedaan nilai moral, 4) nilai dan situasi yang berbeda, 5) konflik dengan lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Sep 2018 05:50
Last Modified: 21 Sep 2018 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10888

Actions (login required)

View Item View Item