PENGEMBANGAN ASESMEN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Rosadi, Endang (2018) PENGEMBANGAN ASESMEN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUSLIM MAROS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_ENDANG ROSADI (161051301043).pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Asesmen Praktikum Mikrobiologi Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan asesmen praktikum mikrobiologi Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros yang bersifat valid dan reliabel. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp yang meliputi 5 fase yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi (4) fase tes, evaluasi, dan revisi (5) fase implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)perangkat asesmen praktikum, meliputi: assesmen kognitif, afektif, dan psikomotorik, tes isian serta lembar wawancara dosen, secara umum dinyatakan valid dengan nilai validitas isi yaitu V = 1 atau V = 100%; (2) secara umum hasil uji coba perangkat asemen meliputi asemen kognitif, assemen afektif dan psikomotorik memenuhi kriteria valid dan realibel dengan nilai validitas lebih besar dari 0,3 dan nilai koefisien Alpha Cronbach lebih besar dari 0,70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa asesmen praktikum mikrobiologi berbasis pendekatan keterampilan proses sains yang dikembangkan bersifat valid dan reliabel. Kata Kunci: penelitian & pengembangan, Asesmen, Keterampilan Proses Sains, Mikrobiologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Sep 2018 07:53
Last Modified: 20 Sep 2018 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10874

Actions (login required)

View Item View Item