Pengembangan Media Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Android Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Bantaeng

Syahruni, Syahruni (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Android Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Bantaeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel SYAHRUNI PEP 2018.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran TIK berbasis android untuk kelas XII SMA Negeri 3 Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development), menggunakan model pengembangan waterfall yang menghasilkan 4 tahap mulai dari tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan (validasi produk), dan tahap pengujian.Pengujian pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba luas. Subjek penelitian berjumlah 26 orang, 25 orang peserta didik dan 1 pendidik. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan, praktis untuk digunakan, karena respon peserta didik terhadap aplikasi pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dan lembar validasi oleh dua orang validator menyatakan aplikasi dengan sedikit revisi. Media pembelajaran yang telah dikembangkan efektif pada aspek penilaian skor tes hasil belajar berdasarkan nilai pre-test dan post test, yang berarti media pembelajaran berbasis Android ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 3 Bantaeng, sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Media, Android, Praktis, dan Efektif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Sep 2018 07:28
Last Modified: 20 Sep 2018 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item