PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR

RAJA, BAU (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL BAU RAJA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Makassar.Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar (X1), lingkungan teman sebaya (X2), dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian sebanyak 54 siswa dari total keseluruhan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan Menggunakan program SPSS v.21.00 for windows.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh thitung> ttabel dengan hasil yang diperoleh motivasi belajar (X1) 4,628>2,681,dan lingkungan teman sebaya (X2) 5,558>2,681, berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan masing-masing nilai signifikan 0,000. Besarnya pengaruh kedua variable independen tersebut terhadap prestasi belajar sebesar 63,9% atau nilai koefisien determinasi (R 2) sebesar 0,639. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Makassar, serta motivasi belajar lebih dominan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Makassar. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Pestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Sep 2018 02:42
Last Modified: 10 Sep 2018 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item