Teknik Penilaian dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Kelas VIII MTs DDI Takkalasi Kabupaten Barru

Muslimin, Muslimin (2013) Teknik Penilaian dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Kelas VIII MTs DDI Takkalasi Kabupaten Barru. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muslimin.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MUSLIMIN. Pengaruh Teknik Penilaian dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Kelas VIII MTs DDI Takkalasi Kabupaten Barru. (dibimbing oleh Patta Bundu dan Kaharuddin Arafah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara teknik penilaian dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs DDI Takkalasi Kabupaten Barru. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII MTs DDI Takkalasi yang diambil secara acak dan bertahap dengan terlebih dahulu memberikan kuesioner motivasi berprestasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes prestasi belajar setelah perlakukan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuntitatif deskriptif dan kuantitatif inferensial dengan analisis varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya interaksi antara teknik penilaian dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Bahsa Inggris di kelas VIII. Pada aspek teknik penilaian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan teknik penilaian autentik dengan teknik penilaian non-autentik pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VIII. Begitupula pada aspek motivasi berprestasi siswa menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Inggris kelompok peserta didik yang diajar dengan teknik penilaian autentik lebih besar daripada hasil belajar Bahasa Inggris kelompok peserta didik yang diajar dengan teknik penilaian non-autentik untuk kelompok peserta didik yang bermotivasi tinggi. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi asesmen autentik dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris dan motivasi peserta didik.   ABSTRACT MUSLIMIN. The influence of Technique Assessment and Motivation to Achievement of English Learning of The Eight Class of MTs DDI Takkalasi in Barru Regency. (Supervised by Patta Bundu and Kaharuddin Arafat) The decrease in the average acquisition of English Lesson during the last three years indicate that there are problems in learning outcomes of the eight class of MTs DDI Takkalasi in Barru Regency. Learning outcome is influenced by two factor, i.e (1) student’s internal factor that is related to the achievement motivation of Student, (2) Eksternal faktor, is related to tehchnique assessment that is applied. This type of research is experimental research with 2 x 2 factorial design. This research is intended to know the influence of technique assessment and achievement motivation on learning outcomes. This population research are all students of the eight class of MTs DDI Takkalasi Barru regency. Ramdomly and gradually is abtained research sample consits of 44 students that divided into four groups, each group consist of 11 students. Data collection technique are done by giving learning achievement test and achievement motivation quisioner. Collection data is analyzed by using descriptive and infrential statistic analysis. The result of research show that there is intraction influence between assessment technique and achievement motivation to learning English outcome. Based on the finding in this research, it can be concluded that authentic assessment implementation can improve student’s achievement and motivation.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > PASCASARJANA > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > PASCASARJANA > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2016 00:56
Last Modified: 25 Oct 2016 00:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item View Item