Sahara, Rina Juanti (2018) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI SE KABUPATEN MAROS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
Artikel Rina Juanti Sahara.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh interaksi antara kepribadian guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Se Kabupaten Maros, (2) Perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri se Kabupaten Maros berdasarkan tipe kepribadian guru, (3) perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri se Kabupaten Maros berdasarkan perbedaan motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Data dikumpulkan dengan angket kepribadian guru, angket motivasi belajar dan tes hasil belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dua jalur (Two way anova) menggunakan bantuan computer program R. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan. (i) Tidak ada interaksi antara kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Se Kabupaten Maros. (ii) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Se Kabupaten Maros berdasarkan tipe kepribadian guru, dimana kepribadian guru extravertion yang paling baik dan memiliki skor ratarata hasil belajar tertinggi (iii) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Se Kabupaten Maros berdasarkan perbedaan motivasi belajar, dimana diperoleh bahwa motivasi belajar instrinsik tinggi yang memberikan pengaruh optimum dan untuk meningkatkan hasil belajar maka motivasi belajar instrinsik tinggi inilah yang perlu ditingkatkan. Kata Kunci: kepribadian guru, motivasi belajar siswa, hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 02:30 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 02:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10689 |
Actions (login required)
View Item |