Pengaruh Pendekatan dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Tenriwaru, Andi (2014) Pengaruh Pendekatan dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDI TENRIAWARU.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK ANDI TENRIAWARU. 2014. Pengaruh Pendekatan dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. (Penelitian Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X SMA/MA Negeri Kabupaten Bone). dibimbing oleh Patahuddin dan Ruslan. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini pada dasanya untuk menemukan jawaban atas masalah-masalah yang telah dirumuskan secara rinci adalah sebgai berikut: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika kelompok peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan kelompok peserta didik yang diajar dengan mnngunakan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah (Problem Solving), 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diberikan bentuk tes uraian dan peserta didik yang diberikan bentuk tes pilihan ganda. 3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar matematika peserta didik. 4) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok peserta didik yang diberi bentuk tes uraian dan kelompok peserta didik yang diberi bentuk tes pilihan ganda setelah diajar dengan pendekatan kontekstual, 5) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok peserta didik yang diberi bentuk tes uraian dan kelompok peserta didik yang diberi bentuk tes pilihan gandasetelah diajar dengan pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving), 6) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik antara kelompok peserta didik yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan kelompok peserta didik yang diajar dengan pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving) yang diberikan bentuk tes uraian, 7) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok peserta didik yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan kelompok peserta didik yang diajar Pemecahan masalah (Problem Solving) yang diberikan bentuk tes pilihan ganda. Penelitian ini dikategorikan penelitian eksperimen dengan rancangan fakorial 2 × 2 dengan dua jenis perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah pendekatan kontekstual dan pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving). Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah (Problem Solving), tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik untuk kelompok yang diberi bentuk tes uraian dan kelompok peserta didik yang diberi bentuk tes pilihan ganda, terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar matematika peserta didik, terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diberikan bentuk tes pilihan ganda dengan bentuk tes uraian setelah diajar menggunakan pendekatan kontekstual, tidak terdapat hasil belajar matematika antara kelompok yang diberikan tes pilihan ganda dengan bentuk tes uraian untuk kelompok peserta didik menggunakan pendekatan pemecahan masalah, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok peserta didik yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan kelompok dengan pendekatan pemecahan masalah, setelah diberi bentuk tes uraian, tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok peserta didik yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan kelompok yang diajar dengan pendekatan pemecahan masalah setelah diberi bentuk tes uraian. ABSTRACT ANDI TENRIAWARU. 2014. The Influnce og Approach and the Form of Formative Test toward Mathematics Learning Results of the Students( An Experimen Study of Grade X Students at SMA/MA Negeri in Bone Disctrict) (supervised by Patahuddin and Ruslan). The study aimed at examining (1) the difference of mathematics learning results between the students who were taught by employing contextual learning approach and students taught by employing problem solving approach, (2) the difference of mathematics learning results between students who were given essay test and students who were multiple choice, (3) the influence of interacion between learning approach and the form formativetes toward Mathematics learning results of students, (4) the difference of Mathematics learning results between students who weregiven essay test and students who were given muliple choice after being taught by employing contextual approach, (5) the difference of Mathematics learning results between the students who were given essay test and students who were given multiple choice after being taught by employing problem solving approach, (6) the difference of Mathematics learning results between the students who were taught by employing contextual learning approach given an essay test, and (7) the difference of Mathematics learning results between the students who were taught by employing contextual learning approach and students taught by employing problem solving approach given a multiple choice. The study was an experiment research with factorial 2 x 2 design with two types of actions. The actions given were contextual approach and problem solving approach. The results of the study were (1) there was a difference of Mathematics learning results between the students who were taught by employing contextual learning approach and students taugth by employing problem solving approach, (2) there is no differences in a Mathematics learning results between students who were given essay tes and students who were given multiple choice, (3) there was influence of interaction between learning approach and the form of formative test toward Mathematics learning results of students, (4) there was differences in Mathematics learning results between students who weregiven essay test and students who were given muliple choice after being taught by employing contextual approach. (5) there is no difference of Mathematics learning results between the students who were given essay test and students who were given multiple choice after being taught by employing problem solving approach, (6) there was difference of Mathematics learning results between the students who were taught by employing contextual learning approach given an essay test, (7) there is no difference of Mathematics learning results between the students who were taught by employing contextual learning approach and students taught by employing problem solving approach given a multiple choice.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: ?? fac_med ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2016 00:32
Last Modified: 25 Oct 2016 00:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item