ANALISIS PANJANG TUNGKAI, DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN DENGAN KEMAMPUAN LARI 60 METERI MURID SD INPRES PANNARA KAB. JENEPONTO (. ANALYSIS LONG A LIMB , EXPLOSIVE POWER A LIMB AND BALANCE TO THE ABILITY OF RUN 60 MINISTRY PRIMARY SCHOOL STUDENTS INPRES PANNARA KABUPATEN JENEPONTO)

ANDI RIDWAN, S. Pd., M. Pd, Dr. YASRIUDDIN. S. Pd.,M. Pd (2017) ANALISIS PANJANG TUNGKAI, DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN DENGAN KEMAMPUAN LARI 60 METERI MURID SD INPRES PANNARA KAB. JENEPONTO (. ANALYSIS LONG A LIMB , EXPLOSIVE POWER A LIMB AND BALANCE TO THE ABILITY OF RUN 60 MINISTRY PRIMARY SCHOOL STUDENTS INPRES PANNARA KABUPATEN JENEPONTO). Jurnal PNBP Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
ANALISIS PANJANG TUNGKAI, DAYA LEDAK TUNGKAI DAN .pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang tungkai, daya ledak tungkai dan keseimbangan dengan kemampuan lari 60 meter murid SD Inpres Pannara Kab. Jeneponto. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid SD Inpres Pannara Kab. Jeneponto dengan jumlah sampel penelitian 40 orang murid putra yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 15.00 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Bertolak dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Ada peranan yang signifikan panjang tungkai terhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Inpres Pannara Kab. Jeneponto dengan nilai ρ sebesar -0.936 (P < 0.05) atau 93.60% kecepatan lari diterangkan oleh Panjang tungkai. 2. Ada peranan yang signifikan daya ledak tungkai terhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Inpres Pannara Kab. Jeneponto dengan nilai ρ sebesar -0.830 (P < 0.05) atau 83.00% kecepatan lari 60 meter diterangkan oleh daya ledak tungkai. 3. Ada peranan yang signifikan keseimbangan terhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Inpres Pannara Kab. Jeneponto dengan nilai ρ sebesar -0.3.53 (P < 0.05) atau 35.3% kecepatan lari diterangkan oleh keseimbangan 4. Ada peranan yang sangat signifikan panjang tungkai, daya ledak tungkai dan keseimbangan secara bersama-sama terhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Inpres Pannara Kab. Jeneponto dengan nilai R sebesar 0.942 (P < 0.05) atau 94.20% kecepatan lari diterangkan oleh panjang tungkai, daya ledak dan keseimbangan.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Aug 2018 07:21
Last Modified: 31 Aug 2018 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10594

Actions (login required)

View Item View Item