Evaluasi Kinerja Pengawas (studi kasus pada SMA Negeri di Kecamatan Kei Besar) Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku

Rahman Rahaleb, Abdul (2015) Evaluasi Kinerja Pengawas (studi kasus pada SMA Negeri di Kecamatan Kei Besar) Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Abdul Rahman Rahaleb.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Abdul Rahman Rahaleb, Evaluasi Kinerja Pengawas (studi kasus pada SMA Negeri di Kecamatan Kei Besar) Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku, (dibimbing oleh Syahrul dan Patahuddin) Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi empirik sekaligus mengevaluasi kinerja pengawas dalam bentuk studi kasus pada SMA Negeri di Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku, Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang di pandu oleh pedoman wawancara dan kuesioner yang valid, yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Koordinator Pengawas dan Kepala Dinas Pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis yang dilakukan terhadap data penelitian dalam mengungkap dan menjawab pertanyaan bagaimana kinerja pengawas sekolah dalam melaksanakan kepengawasan yang dihadapi dengan faktor penghabat seperti letak sekolah yang menempuhnya dengan kondisi jalan yang memprihatinkan, menempuh dengan transportasi laut, sehingga pengawas sekolah mendapat kesulitan untuk meningkatkan mutu dan kinerja guru yang baik. Hasil penelitian menunjukan: (a) Pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik dan supervisi manajerial di SMA Negeri di Kecamatan Kei Besar terlaksana dengan baik, namun ada dua sekolah dengan jarak yang sangat jauh dan tergantung kondisi alam, sehingga kadang tidak dapat di supervisi oleh pengawas dalam satu semester bahkan dalam satu tahun. (b) Peran pengawas SMA Negeri di Kecamatan Kei Besar untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kompetensi guru dalam menjalankan tugasnya sebagai guru profesional adalah dengan melakukan pembimbingan dan pelatihan pada saat melaksanakan supervisi. ABSTRACT ABDUL RAHMAN RAHALEB 2014, Evaluation on supervisor Performance (Case Study at SMA in Kei Besar Subdistrict in Southeast Maluku District of Maluku Province),(Supervised by Syahrul and Pattahudin) The Study aimed at obtaining empirical description as well as evaluating supervisors’ performance in a form of a case study at SMA N in Kei Besar subdistrict in southeast subdistrict of Maluku province. The study is a qualitative research. The researcher was the main instrument using guided interview and valid questionnaire. The subjects of the study were teachers, principals, supervisorsm coordinator, and the head of Education Office. Data were collected by employing questionnaire and interview. Technics to analyse were done to research data in gasping and answering the question about supervisor’s performance facing abstacle in doing their job. The obstacle’s factor was the school position that very far from the stage with the bad condition of the way, it must be traveled by using boats, it si hard for the supervisors to increase the quality and teacher’s performance to be better. The result of the study revealed that: (a) the academic and managerial supervisions were conducted well bysupervisors at SMA N in Kei Besar subdistrict, however, the are two schools which located far away and have strong condition of nature that supervisors could not supervise in a semester even a year, (b) the role of supervisors at SMA N in Kei Besar subdistrict which to improve the quality of education and teachers’ competence in conducting their as professional teacher was to conduct guidance and training when conducting supervision.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: ?? fac_med ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Oct 2016 08:08
Last Modified: 20 Oct 2016 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item View Item