Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Muslimat.S, Nurul (2018) Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Mariso Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
artikel.docx

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan minat baca, motivasi belajar, dan hasil belajar Bahasa Indonesia. (2) Mengetahui hubungan minat baca dengan hasil belajar. (3) Mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa.(4) Mengetahui hubungan minat baca dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Bahasa Indonesia .Jenis penelitian ini adalah penelitian exo-facto yang sifatnya koresional. Penelitian ex-pofacto merupakan penelitian yang mencari hubungan yang tidak dimanipulasi atau perlakuan oleh peneliti.. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V pada seluruh Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Mariso Kota Makassar yang berjumlah 88 siswa.Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin, maka diperoleh sampel sebanyak 72 siswa.Teknik pengumpulan data diambil melalui dokumentasi dan kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket minat baca dan angket motivasi belajar dengan penilaian skala likert,alternative jawaban terdiri atas empat pilihan yaitu: sangat setuju (SS; setuju (S); tidak setuju (TS); sangat tidak setuju (STS) Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Gambaran minat baca, motivasi belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia . (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia.(4) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia. Kata kunci: minat baca, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:39
Last Modified: 28 Aug 2018 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10500

Actions (login required)

View Item View Item