PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMAN 8 MAKASSAR

Ula, Mar’atus Solehatul (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMAN 8 MAKASSAR. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa, pada materi sistem ekskresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas XI MIPA semester genap SMA Negeri 8 Makassar tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling sejumlah 2 kelas dengan masing-masing kelas 30 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode tes tertulis untuk hasil belajar, angket motivasi untuk motivasi belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap aktivitas belajar siswa karena nilai sig 0,000 < 0,05; (ii) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap motivasi belajar siswa karena nilai sig 0,045 < 0,05, (iii) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap hasil belajar sistem ekskresi siswa karena nilai sig 0,002 < 0,05, (iv) terdapat pengaruh learning cycle 7e terhadap hasil belajar sistem ekskresi melalui aktivitas karena nilai sig 0,039 < 0,05 sedangkan melalui motivasi tidak berpengaruh karena nilai sig 0,831 > 0,05

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Aug 2018 01:05
Last Modified: 20 Aug 2018 01:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10354

Actions (login required)

View Item View Item