PENGEMBANGAN MEDIA iMindMap9 PADA MATERI ASAM BASA BERBASIS SETS (Science, Environmental, Technology, and Society) KELAS XI IPA SMA RAMA SEJAHTERA KOTA MAKASSAR

Syam, Mutmainnah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA iMindMap9 PADA MATERI ASAM BASA BERBASIS SETS (Science, Environmental, Technology, and Society) KELAS XI IPA SMA RAMA SEJAHTERA KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL INNA.docx

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media iMindMap9 pada materi pokok asam basa berbasis SETS yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan media iMindMap9 berpedoman pada langkah-langkah pengembangan model ASSURE yang terbagi dalam enam tahapan yaitu:Analyze Leaner; State Objective;Select Methods, Media, and Materials; Utilize Media and Materials; Require Learner Participation; serta Evaluation and Revise. Hasil penelitian diperoleh (i) Media yang divalidasi oleh 2 validator menunjukkan bahwa rata-rata hasil penilaian sebesar 4,39 berada pada kategori “sangat valid”, (ii) hasil analisis data pada uji coba terbatas berdasarkan pengamatan dari dua orang observer menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria praktis, dengan kategori : pengelolaan pembelajaran memenuhi kategori baik dengan nilai kemampuan guru 4 dan respon peserta didik memenuhi kriteria respon positif dengan rata-rata sebesar 3,545 serta persentse 95%, (iii) hasil uji coba terbatas berdasarkan pengamatan dari dua orang observer menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan kategori : nilai N-gain ketercapaian hasil belajar peserta didik sebesar 0,8135 berada pada kategori tinggi dan pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa delapan kategori pengamatan aktivitas terpenuhi. Kata kunci: Media iMindMap9, SETS, ASSURE, dan Asam Basa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:39
Last Modified: 16 Aug 2018 07:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10343

Actions (login required)

View Item View Item