PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGELUARAN KAS TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELUARAN KAS PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA XIV DI MAKASSAR

ALFIAH, ARMY (2018) PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGELUARAN KAS TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELUARAN KAS PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA XIV DI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL ARMY.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian internal pengeluaran kas terhadap efektivitas pengeluaran kas pada PT Perkebunan Nusantara XIV di Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu sistem pengendalian internal pengeluaran kas, yang diukur menggunakan lembar kuesioner yang berisi pernyataan yang berhubungan dengan indikator variabel. Variabel terikat adalah efektivitas pengeluaran kas yang diukur menggunakan rasio efektivitas pengeluaran kas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus yaitu seluruh populasi menjadi sampel. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Perkebunan Nusantara XIV di Makassar telah melaksanakan sistem pengendalian internal pengeluaran kas dengan sangat baik. Hal ini disebabkan hasil rekapitulas ipersentase sistem pengendalian internal pengeluaran kas yang didapat yaitu sebesar 88,4 persen termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan data realisasi dan target pengeluaran kas PT Perkebunan Nusantara XIV di Makassar mulai tahun 2010 sampai tahun 2017 termasuk dalam kategori efektif. Hal ini disebabkan karena mulai tahun 2010 sampai tahun 2017 realisasi pengeluaran kas lebih besar dibanding target pengeluaran kas sehingga di katakana efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:06
Last Modified: 16 Aug 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item