PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM KELUARGA PADA MASYARAKAT DI DESA BARANA KECAMATAN BANGKALA BARAT KABUPATEN JENEPONTO

Rahim, Sarah (2018) PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM KELUARGA PADA MASYARAKAT DI DESA BARANA KECAMATAN BANGKALA BARAT KABUPATEN JENEPONTO. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal sarah.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penanam nilai-nilai kewirausahaan di dalam keluarga, metode apa yang digunakan untuk menerapkan nilai-nilai kewirausahaan, dan apa dampak dari pendidikan kewirausahaan dalam keluarga pada masyarakat di Desa Barana Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto. Tipe penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah tipe penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Cara pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Tahap analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian, pengabstraksian dan pengtransformasian data kasar dari lapangan, dilanjut dengan penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai kewirausahaan dalam beberapa keluarga pada masyarakat di Desa Barana sudah terlaksanakan dilihat dari turut sertanya anak pedagang maupun petani dalam membantu usaha orang tuanya, dan pada keluarga PNS meskipun tidak memiliki penghasilan selain dari gajinya, namun tetap menanamkan nilai-nilai kejujuran, kerja keras, dan disiplin yang termasuk dalam nilai-nilai kewirausahaan. Metode yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai kewirausahaan adalah metode internalisasi, metode pembiasaan, dan metode latihan-latihan kecakapan kerja kewiraswastaan. Dampak dari pendidikan kewirausahaan dalam keluarga pada masyarakat di Desa Barana Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto adalah kesejahteraan meningkat dengan terciptanya lapangan pekerjaan, mengkombinasikan faktor-faktor produksi, dan motivasi anak untuk bersekolah tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai kewirausahaan dalam beberapa keluarga pada masyarakat di Desa Barana sudah terinternalisasikan, namun meskipun penerapan nilai-nilai kewirausahaan dalam keluarga pada masyarakat di Desa ini sudah terlaksanakan, pemahaman bahwa menjadi PNS lebih 2 baik dibandingkan menjadi seorang wirausaha masih melekat dalam pemikiran para orang tua. Metode pendidikan kewirausahaan dalam keluarga merupakan jalan untuk menerapkan nilai-nilai kewirausahaan dalam keluarga, pada penelitian ini terdapat 3 metode dalam pendidikan kewirausahaan, yakni metode internalisasi, metode pembiasaan, dan metode latihan-latihan kecakapan kerja kewiraswastaan. Dampak pendidikan kewirausahaan dalam keluarga pada masyarakat di Desa Barana adalah pendidikan kewirausahaan adalah jalan untuk menciptakan wirausahawan sehingga ini dapat mensejahterakan keluarga pada khususnya dan masyarakat atau Desa pada umumnya dari segi ekonomi dan sosial. Kata Kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:46
Last Modified: 16 Aug 2018 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10316

Actions (login required)

View Item View Item