Hubungan koordinasi mata tangan, kekuatan lengan dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan passing bawah dalam cabang olahraga bolavoli pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM

YUSRAN, MUH. (2018) Hubungan koordinasi mata tangan, kekuatan lengan dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan passing bawah dalam cabang olahraga bolavoli pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

, 2018.. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan koordinasi mata tangan, kekuatan lengan dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan passing bawah dalam cabang olahraga bolavoli pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM. Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu koordinasi mata tangan,kekuatan lengan dan kekuatan tungkai sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan passing bawah. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan sampel penelitian 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak dengan cara undian (simple random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 16.00 pada taraf signifikansi 95 % atau (α) = 0.05. Bertolah dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1). Ada hubungan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah dalam cabang olahraga bolavoli pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM, terbukti dengan r hitung (ro) = 0,379 (P=0,004<α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,143. Hal ini berarti 14,3% kemampuan passing bawah dalam cabang olahraga bolavoli dijelaskan oleh koordinasi mata tangan;2).Ada hubungan kekuatan lengan terhadapkemampuan passing bawah pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM, terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,631 (P=0,004<α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,398. Hal ini berarti 39,8% kemampuan dalam cabang olahraga karate dijelaskan oleh kekuatan lengan;3). Ada hubungan kekuatan tungkai terhadap kemampuan passing bawah pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM, terbukti dengan nilai r hitung (ro)=0,743 (P=0,000 <α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,552. Hal ini berarti 55,2% kemampuan passing bawah pada mahasiswa FIK UNM dijelaskan oleh kekuatan tungkai;4). Ada hubungan koordinasi mata tangan, kekuatan lengan dan kekuatan tungkai,dan kemampuan passing bawah bolavoli dalam cabang olahraga bolavoli pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM, terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,769 (P=0,000 <α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,591. Hal ini berarti 59,1% kemampuan passing bawah pada mahasiswa FIK UNM dijelaskan oleh koordinasi mata tangan, kekuatan lengan dan kekuatan tungkai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:04
Last Modified: 15 Aug 2018 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10232

Actions (login required)

View Item View Item