Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Home Room Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 1 Palopo

Yamin, Muhammad (2015) Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Home Room Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 1 Palopo. S1 thesis, Bimbingan Konseling.

[img] Text
Muhammad Yamin.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Yamin. 2015. Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Home Room Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 1 Palopo (dibimbing oleh H. Alimuddin Mahmud dan Usman Malik). Penelitian ini mengkaji bimbingan kelompok melalui teknik home room terhadap kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok melalui teknik home room di SMA Negeri 1 Palopo. 2) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok melalui teknik home room untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Palopo. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini yakni Eksperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental desingn, jenis desain One-Group Pretest-Posttest Designs. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Gambaran tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Palopo sebelum diberikan bimbingan kelompok melalui teknik home room berada pada kategori rendah. Setelah diberikan bimbingan kelompok melalui teknik home room tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Palopo berada pada kategori tinggi. 2) Ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik home room untuk meningkatkan kedisiplinan pada siswa di SMA Negeri 1 Palopo artinya semakin diberi layanan bimbingan kelompok melalui teknik home room maka tingkat kedisiplinan pada siswa juga akan semakin meningkat. ABSTRACT Muhammad Yamin. 2015. The Influence of Group Guidance Through Technique Home Room To Discipline Students at SMAN 1 Palopo (guided by H. Alimuddin Mahmud and Usman Malik). This study examines the technical guidance of the group through the home room to discipline students. The purpose of this study is 1) To know the description of student discipline before and after guidance through engineering group home room in SMA Negeri 1 Palopo. 2) To determine the influence of the group through technical guidance home room to increase discipline students in SMA Negeri 1 Palopo. This research is a quantitative approach with a kind of experimental research. The study design used the experiment was Pre-Experimental desingn, this type of design One-group pretest-posttest Designs. The results showed: 1) The level of discipline of students in SMA Negeri 1 Palopo before being given guidance through technical group home room is at the low category. After being given guidance through technical group home room level of discipline of students in SMA Negeri 1 Palopo at the high category. 2) There was a significant effect of group counseling services through the technique home room to increase discipline on students in SMAN 1 Palopo means the given group counseling services through the technique of home room, the level of discipline in students also will increase.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Oct 2016 02:26
Last Modified: 07 Oct 2016 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item