PELAKSANAAN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 10 BANTIMURUNG

Sukma, Marwah Ratu (2018) PELAKSANAAN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 10 BANTIMURUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
marwas jurnal.docx

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK. Pelaksanaan Penilaian Sikap Spiritual Berdasarkan Kurikiulum 2013 Di SMP Negeri 10 Bantimurung”. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh . Penelitian ini bertujuan, (1) Untuk mengetahui rencana aksi guru dalam pelaksanaan penilaian sikap spiritual di SMP Negeri 10 Bantimurung (2) Untuk mengetahui respon nyata peserta didik terhadap penilaian sikap spiritual. Jenis penelitian ini yaitu deskripstif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu guru PKn berjumlah 1 orang, guru pendidikan agama islam berjumlah 1, dan peserta didik kelas 7 berjumlah 20 orang. Sedangkan data sekunder yaitu perundang – undangan dan dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu: (1) Rencana aksi guru dalam melaksanakan penilaian sikap spiritual sudah dilaksankan sesuai dengan Kurikulum 2013. Persiapan guru dalam melaksanakan penilaian yaitu awalnya memahami dahulu mengenai konsep dan indikator penilaian sikap spiritual, membuat pedoman penilaian, mengembangkan instrument penilaian, melaksanakan, menganalisis data hasil dan tindak lanjut. Sesudah mendapatkan hasilnya dan dilihat apabila peserta didik yang lulus maka diberi applause dan motivasi agar mempertahankan perilaku spiritualnya yang baik. Aksi guru atau Tindak lanjut untuk peserta didik yang belum lulus maka guru memberi pembinaan agar siswa dapat merubah perilakunya sehingga menjadi baik dan lulus. Adapun Tekhnik penilaian yang dilakukan oleh guru tekhnik observasi atau pengamatan langsung baik diluar kelas maupun didalam kelas. (2) Respon nyata peserta didik terhadap penilaian sikap spiritual terdiri dari respon positif dan respon negative, respon nyata peserta didik terhadap peniaian sikap spiritual sangat baik terlihat dari rata – rata respon positif yang diberikan peserta didik terhadap penilaian sikap spiritual sebesar 95% yang termasuk dari kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 01:58
Last Modified: 15 Aug 2018 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10218

Actions (login required)

View Item View Item