Penerapan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Selatan

Rahmawati, Rahmawati (2014) Penerapan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Selatan. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RAHMAWATI.docx

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK RAHMAWATI, 2014. “Penerapan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Selatan”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Dra. Helena Emma Maria M., M. Pd dan Hajrah, S.S., M. Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi antara pembelajaran menulis puisi yang menggunakan metode karyawisata dengan pembelajaran menulis puisi yang tidak menggunakan metode karyawisata pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Selatan. Penelitian ini juga bertujuan utuk mengetahui keefektifan penggunaan metode karyawista diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretes posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Selatan dengan jumlah siswa 102 siswa. Jumlah sampel sebanyak 50 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Bsebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok 25 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Selatan pada kelas eksperimen sebelum proses pembelajaran memeroleh nilai rata-rata 63,16. Setelah proses pembelajaran dengan menggunakan metode karyawisata, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 79,12. Pada kelas kontrol nilai rata-rata perolehan sebelum proses pembelajaran adalah 57,16 dan setelah proses pembelajaran adalah 72,00. Setelah diketahui bahwa data yang diperoleh telah terdistribusi normal dan memiliki varian yang sama, maka dilakukan uji t dengan menggunakan SPSS versi 20 untuk menguji hipotesis penelitian. Nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh dari uji hipotesis adalah 0,036 < ɑ (0,05). Hal ini menandakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analaisis data dan pengujian hipotesis, maka metode karyawisata efektif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Selatan. Kata kunci : penerapan, metode karyawisata, pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:52
Last Modified: 25 Apr 2016 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item