PENERAPAN PENGUATAN PADA PEMBELAJARAN PPKn DI MAN 3 BONE

AFRIANTI, YAYUK (2018) PENERAPAN PENGUATAN PADA PEMBELAJARAN PPKn DI MAN 3 BONE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal yayuk.docx

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan penguatan guru mata pelajaran PPKn di MAN 3 Bone(2) bentuk penguatan yang diterapkan oleh guru mata pelajaran PPKn di MAN 3 Bone, (3) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan penguatan pada pembelajaran PPKn di MAN 3 Bone. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, sumber data primer yaitu informan yang terdiri dari guru mata pelajaran PPKn sebanyak dua orang dan dari siswa sebanyak Sembilan orang. Data sekunder yaitu dokumen.tenik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru mata pelajaran PPKn di MAN 3 Bone masih kurang memiliki keterampilan dalam penerapan penguatan hal tersebut maksimal disebabkan penguatan yang diberikan lebih banyak diberikan saat kegiatan pendahuluan pembelajaran saja tanpa memperhatikan tahapan kegiatan pembelajaran yang lain. (2) bentuk penguatan yang diterapkan oleh guru mata pelajaran PPKn terdiri dari penguatan verbal dan nonverbal. (3) faktor pendukung dari penerapan penguatan pada pembelajaran PPKn di MAN 3 Bone adalah dari kelengkapan bahan ajar, kondisi kelas, dan pihak sekolah berupa penyediaan wadah pengembangan bakat bagi siswa yang berhubungan dengan materi pembelajaran PPKn, sedangkan faktor penghambat dari penerapan penguatan di MAN 3 Bone adalah dari siswa itu sendiri. Kata Kunci: penerapan, penguatan, pembelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:21
Last Modified: 14 Aug 2018 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item View Item